Ternyata Tersangka Ketua KPK Firli Bahuri Pernah Menjabat Kapolda Sumsel Selama 3 Bulan Pada Tahun 2019

Ternyata Tersangka Ketua KPK Firli Bahuri Pernah Menjabat Kapolda Sumsel Selama 3 Bulan Pada Tahun 2019

Ternyata Tersangka Ketua KPK Firli Bahuri Pernah Menjabat Kapolda Sumsel Selama 3 Bulan Tahun 2019--(Sumber foto: instagram @iskandarfs_palembang)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ketua KPK, Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri, dinyatakan tersangka dalam dugaan kasus pemerasan terhadap mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Penyidikan dilakukan oleh Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya setelah sejumlah proses penyelidikan. Simak perjalanan karir Firli Bahuri dan perkembangan kasusnya di bulan kelahirannya November."

Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya secara resmi menetapkan status tersangka kepada Komjen Pol (purn) Firli Bahuri, yang saat ini menjabat sebagai ketua KPK, pada Rabu malam (22/11/2023). 

Kasus ini menyangkut dugaan pemerasan terhadap mantan menteri pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Proses penetapan status tersangka ini merupakan hasil dari serangkaian penyelidikan yang dilakukan oleh penyidik direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya. 

BACA JUGA:Alexander Marwata Menegaskan Status Firly Bahuri Masih Sebagai Ketua KPK Aktif

Langkah-langkah penyelidikan tersebut ditingkatkan menjadi penyidikan, dan akhirnya, dilakukan gelar perkara untuk menetapkan status tersangka terhadap Firli Bahuri.

Firli Bahuri, seorang Purnawirawan Polri dengan pangkat Jenderal Bintang 3, memiliki riwayat karir yang mencakup jabatan-jabatan strategis di Polri. 

Sebelum menjadi ketua KPK, beliau pernah menjabat sebagai Kapolda NTB pada periode 2017 hingga 2018, serta sebagai Kapolda Sumsel selama kurang lebih 3 bulan pada tahun 2019.

Prestasinya sebagai Kapolda Sumsel mencakup pengungkapan ladang ganja seluas 1,5 hektare di desa Sukaraja, kabupaten Muratara, Sumsel, dengan barang bukti sebanyak 3.700 batang ganja saat panen. 

Firli Bahuri kemudian mendapatkan promosi menjadi Jenderal Bintang 3 Polri setelah menjabat sebagai Kabaharkam.

BACA JUGA:Disinformasi Kematian Mustafa Kemal Ataturk: Pemimpin Turki Yang Jenazahnya Ditimbun Batu Marmer 42 Ton.

Namun, perjalanan karirnya yang cemerlang tersebut kini dihadapkan pada tantangan berat. 

Pada bulan kelahirannya, November, Firli Bahuri terjerat dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: