Hati-Hati, Kenali Beberapa Bahaya Menggunakan Headset saat Tidur

Hati-Hati, Kenali Beberapa Bahaya Menggunakan Headset saat Tidur

Ada bahaya bagi kesehatan diri apabila menggunakan headset saat tidur.-g-stockstudio-pixabay.com/g-stockstudio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Headset di kalangan masyarakat menjadi hal yang sangat diperlukan. Saat lagi di jalan, lagi di keramaian bahkan sedang berada di kantor pun orang-orang sering menggunakan Headset untuk bertelepon ataupun mendengarkan musik.

Mendengarkan musik diyakini dapat meningkatkan kualitas otak dan membangun mood orang yang sedang melakukan pekerjaan. Bahkan, mendengarkan musik juga bisa membantu untuk mempercepat tidur. Sehingga banyak orang yang mendengarkan musik ketika ingin tidur. Namun, hal tersebut tidak disarankan untuk untuk sambilan memakai headset.

Mengutip dari Parenting First Cry, sebenarnya tidur menggunakan headset tidak dilarang. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai, mengingat ada bahaya bagi kesehatan diri apabila menggunakan headset saat tidur. Berikut beberapa potensi bahaya menggunakan headset saat tidur.

1. Penumpukan kotoran telinga

BACA JUGA:Begini Cara Menghadapi Jerawat Batu yang Membandel

BACA JUGA:Bingung Pilih Kue Lebaran? Berikut Ini 10 Rekomendasi Kue Lebaran yang Laris di Pasar

Bahaya yang pertama adalah penumpukan kotoran pada telinga. Hal ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan headset yang terlalu masuk ke dalam telinga. Dengan headset yang terlalu masuk ke dalam telinga, dapat menghambat sirkulasi udara di dalam telinga sehingga kotoran yang di dalam telinga semakin terdorong ke gendang telinga. Apabila hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka kotoran akan menumpuk dan sulit dibersihkan.

2. Mengakibatkan gangguan pendengaran

Lalu yan kedua adalah gangguan pendengaran ketika penggunaannya dilakukan dalam jangka yang terlalu lama. Bahkan, apabila volumenya terlalu besar dan durasinya lama, berpotensi membuat masalah ini lebih cepat terjadi. Menggunakan headset dengan volume yang terlalu besar dan waktu yang lama juga dipercaya dapat menyebabkan gangguan pendengaran tersebut menjadi permanen.

3. Menyebabkan otitis eksterna

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Beri Kesaksian Assessment Visitasi Akreditasi Doktor Administrasi Publik FISIP Unsri

BACA JUGA:Masjid Suro, Saksi Bisu Perkembangan Islam di Bumi Sriwijaya

Kemudian, bahaya menggunakan headset saat tidur selanjutnya ialah otitis eksterna. Penyakit medis ini terjadi ketika saluran telinga mengalami iritasi. Saluran telinga mempunyai fungsi yang penting, yaitu menghubungkan telinga luar ke gendang telinga. Biasanya otitis eksterna ini sering dialami oleh atlet renang, namun, pengguna headset ketika tidur dan dalam jangka waktu yang lama juga dapat membuat penyakit medis ini terjadi.

4. Mengundang nekrosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sehatq.com