Begini Cara Menghadapi Jerawat Batu yang Membandel

Begini Cara Menghadapi Jerawat Batu yang Membandel

Jerawat batu seringkali disebabkan oleh adanya penyumbatan akibat penumpukan sel kulit mati di dalam kulit.-VladimirFloyd-pixabay.com/VladimirFloyd

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jerawat batu merupakan Jerawat yang memiliki ciri khas besar dan keras. Jerawat batu akan terasa sakit apabila disentuh.

Jerawat batu seringkali disebabkan oleh adanya penyumbatan akibat penumpukan sel kulit mati di dalam kulit. Bakteri yang bersarang dalam pori-pori kulit yang dapat mengakibatkan infeksi kulit sehingga timbul benjolan besar.

Jerawat batu yang sulit dihilangkan akan bertahan selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Terdapat banyak faktor yang menimbulkan jerawat seperti faktor makanan, hormon, genetika, dan penumpukan bakteri serta minyak. Namun terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang dipercaya ampuh.

1. Rajin cuci muka

BACA JUGA:Bingung Pilih Kue Lebaran? Berikut Ini 10 Rekomendasi Kue Lebaran yang Laris di Pasar

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Beri Kesaksian Assessment Visitasi Akreditasi Doktor Administrasi Publik FISIP Unsri

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama yaitu mencuci muka dengan pembersih wajah yang lembut, setidaknya sekali sehari ketika malam hari sebelum tidur. Tidak perlu menggosok area jerawat dengan keras karena akan berakibat pada iritasi dan mengeringkan kulit.

2. Jangan mengorek kulit

Cara menghilangkan jerawat batu berikutnya yakni jangan mengorek kulit agar mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi iritasi. Coba tutupi jerawat dengan perban perekat apabila anda secara tidak sengaja menyentuh area yang teriritasi, lalu pastikan jaga agar kuku Anda tetap pendek.

3. Krim topikal

BACA JUGA:Masjid Suro, Saksi Bisu Perkembangan Islam di Bumi Sriwijaya

BACA JUGA:Samsat Palembang 1 Ramai Dikunjungi Wajib Pajak

Cara menghilangkan jerawat batu yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim topikal. Krim topikal merupakan krim yang dioleskan langsung pada bagian kulit maupun selaput lendir.

4. Kompres air hangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber