ASO Diterapkan, Warga Palembang Berburu STB agar Bisa Nonton Siaran Televisi Digital

ASO Diterapkan, Warga Palembang Berburu STB agar Bisa Nonton Siaran Televisi Digital

Agar dapat menerima siaran televisi digital, pesawat televisi analog memerlukan dekoder yang disebut set top box (STB), Sabtu (1/4/2023).-Aji Delia-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jum’at (31/3/2023) tepat pukul 24:00 WIB, Kementerian Kominfo RI mematikan siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah Sumsel I meliputi Kota Palembang dan Banyuasin.

Sejak berlakunya ASO, terhitung hari Sabtu tanggal 1 April 2023, masyarakat di Kota Palembang mulai dapat menikmati siaran televisi digital.

Bagi masyarakat yang pesawat televisinya masih analog, untuk dapat menerima siaran televisi digital maka diperlukan alat tambahan berupa set top box (STB).

Dari pantauan tim PALTV pada Sabtu (1/4/2023), tampak sejumlah warga mulai berburu set top box (STB) ke toko-toko elektronik.

BACA JUGA:Rekomendasi Gim Bertema Ninja Versi Mobile, Layak Kalian Coba!

BACA JUGA:Kenali 5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

Seperti pasangan suami-istri ini. Mereka sempat kaget pesawat televisinya blank alias tak ada siarannya. Agar tetap dapat menikmat siaran televisi, pasangan suami-istri ini pun bergegas ke toko elektronik untuk membeli set top box (STB).

“Ya sudah dimatikan dari semalam. Pagi tadi sewaktu menyalakan televisi sudah tidak bisa lagi menerima siaran. Ya, terpaksa kita siang ini ke toko untuk beli alat STB,” ungkap sang suami dan diiyakan sang istri.

Menurut Alex salah satu penjual barang-barang elektronik di kawasan Pasar 16 Ilir, tokonya ramai didatangi masyarakat yang ingin membeli set top box (STB). Tokonya menjual STB sesuai harga pasaran sekitar Rp250 ribu-Rp500 ribu.

“Setiap yang datang ke sini tanya STB. Celingak celinguk tanya dan lihat STB,” ujar Alex.

BACA JUGA:Milestone Konfirmasi Gim MotoGP 23 Rilis Bulan Juni 2023!

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh Manfaat Matcha Bagi Kesehatan


Sejak diberlakukannya Analog Switch Off (ASO), toko elektronik di Kota Palembang ramai pembeli alat set top box (STB) yang dapat menerima siaran televisi digital di pesawat televisi analog, Sabtu (1/4/2023).-Aji Delia-PALTV

Analog Switch Off (ASO) merupakan beralihnya (migrasi) siaran televisi dari analog ke digital. Teknologi penyiaran televisi yang semula analog mengalami konversi menjadi teknologi penyiaran digital. Hasilnya tentu lebih baik dari segi visual maupun audionya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv