Waspada Serbuan Gadget ke Anak Kecil! Sering Bermain Handphone Sebabkan Batita Alami Speech Delay! Kenapa ?

Waspada Serbuan Gadget ke Anak Kecil! Sering Bermain Handphone Sebabkan Batita Alami Speech Delay! Kenapa ?

Waspada Serbuan Gadget ke Anak Kecil! Sering Bermain Handphone Sebabkan Batita Alami Speech Delay! Kenapa ?--instagram.com/@alodoc

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – . Kini tak hanya orang dewasa yang menggunakan gadget, tapi juga kini anak kecil bahkan batita pun kerap kali sudah menggunakan gadget. Hal inilah yang menyebabkan salah satu penyebab terjadinya Speech Delay.

Seiring berjalannya zaman dan berkembang nya teknologi membuat era digital semakin maju. Salah satu nya alat untuk berkomunikasi dan mencari informasi yaitu gadget, menggantikan teman bicara dan teman bermain anak-anak.

Apa itu speech delay ? Speech delay merupakan suatu keterlambatan dalam kemampuan anak untuk berbicara atau menyampaikan sesuatu. 

Pada situasi speech delay  anak sulit atau tidak mampu untuk menyampaikan isi pikirannya dengan baik, sehingga kata – katanya tidak mudah dimengerti dan orang yang mendengarnya pun sulit untuk memahami.

BACA JUGA:Mengatasi Kabut Asap Karhutla dari RI: Strategi Singapura dan Malaysia

Anak yang alami speech delay sebenarnya mampu untuk mengucapkan kata – kata, namun hanya saja mereka mengalami kesulitan dalam menghubungkan nya.

Kondisi seperti inilah sering kali diabaikan oleh orang tua, karena mereka menganggap hal ini biasa dan akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.

Penyebab speech delay memang belum diketahui secara pasti, namun ada kondisi yang diduga lebih besar untuk menyebabkan terjadi nya speech delay pada anak, yaitu terlalu banyak bermain gadget.

Menurut penelitian, anak yang sering memegang dan menggunakan gadget untuk bermain games atau menonton video sebelum bisa berbicara dengan baik dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan bicara dibandingkan dengan anak yang tidak bermain gadget sama sekali.

BACA JUGA:Aplikasi Pinjaman Online yang Legal dan Tanpa Verifikasi Wajah serta Survei

Banyak kasus yang terjadi di lingkungan masyarakat dimana orang tua tidak menghabiskan banyak waktu nya untuk bermain dengan anak. 

Termasuk berkomunikasi dengan baik, tidak memberi mainan yang tepat, dan bahkan sengaja memberi mereka gadget karena tidak mau pekerjaan mereka terganggu.

Bahkan, seringkali apabila anak menangis dan tidak mau makan mereka cenderung langsung memberikan gadget tersebut.

Hal ini lah yang sangat merusak saraf sensorik maupun motorik pada anak. Dikarenakan pada saat itu, anak hanya mendapatkan komunikasi satu arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber