Selain Kuliner Berbahan Nanas, Prabumulih Punya Makanan Khas Namanya Tahok Tutok

Selain Kuliner Berbahan Nanas, Prabumulih Punya Makanan Khas Namanya Tahok Tutok

Selain kuliner berbahan buah nanas, Prabumulih punya makanan khas namanya Tahok Tutok.-Benny Firdaus-PALTV

BACA JUGA:Bolu Cupu Kue Khas Kayuagung, Tak Lekang Ditelan Zaman

Apakah sayur singkong memiliki gizi yang baik?

Berdasarkan artikel “Potential of cassava leaves in human nutrition: A review”, daun singkong kaya akan protein, mineral dan vitamin.

Sehingga, ilmuwan menyarankan untuk mengonsumsi daun singkong untuk memenuhi kebutuhan serat, lysine, protein, dan micronutrients.

Jika tidak diolah dengan benar atau dikonsumsi secara berlebihan, daun singkong dapat menimbulkan sejumlah risiko kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa bahaya yang terkait dengan daun singkong:

BACA JUGA:Rahasia Memasak Bihun Goreng Praktis dan Lezat untuk Anak Kos

Daun Singkong Asam Beracun

Daun singkong mengandung asam hidrosianat tinggi yang bersifat beracun. Penting untuk memasak daun singkong setidaknya selama 10 menit dan membuang air rebusan untuk menghilangkan kandungan beracun.

Tidak Dianjurkan untuk Hipertensi

Orang yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) sebaiknya menghindari konsumsi berlebihan daun singkong, terutama jika disajikan dengan santan. Disarankan untuk mengonsumsinya sebagai lalapan dan membatasi untuk pencegahan hipertensi.

BACA JUGA:Tak Perlu Kompor dan Minyak! 4 Menu Diet Murah untuk Anak Kost yang Simpel, Sehat, dan Terjangkau

Meningkatkan Kadar Asam Urat

Daun singkong mengandung purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Ini dapat berdampak pada nyeri sendi, sehingga perlu dibatasi oleh penderita asam urat.

Potensi Keracunan Makanan

Kandungan senyawa kimia seperti linamarin dan lotaustralin dalam daun singkong dapat menjadi sianida, menyebabkan iritasi pada jaringan tubuh dan berpotensi menyebabkan keracunan, mual, dan muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv