Salut! 3 Wasit Indonesia Bersertifikat FIFA Akan Pimpin Piala Dunia U 17

Salut! 3 Wasit Indonesia Bersertifikat FIFA Akan Pimpin Piala Dunia U 17

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ajang piala dunia U 17 yang akan digelar di indonesia, tepatnya di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Solo Pada 10 november 2023-2 Desember 2023. Akan menjadi momen penuh sejarah bagi Indonesia.

Pasalnya bukan hanya Timnas U 17 Indonesia, yang akan turun dalam ajang bergengsi ini. namun, ada juga 3 wasit Indonesia dengan bersertifikat FIFA, akan mimpin laga piala dunia U 17 mendatang.

Ke 3 wasit yang akan memimpin laga piala dunia U 17 tersebut, sudah memiliki pengalaman memimpin laga pertandingan internasional yang digelar oleh FIFA. Baik itu level klub maupun ajang antar negara.

Wasit-wasit asal Indonesia yang ditunjuk oleh FIFA untuk memimpin, ajang piala dunia U 17 ialah Aprisman Aranda wasit kelahiran Padang, Sumatera Barat.

BACA JUGA:Bintang Muda Bersinar : Piala Dunia U-17 2023 Siap Guncang Indonesia!

Thoriq Alkatiri wasit yang sudah beberapa kali mendapatkan gelar wasit terbaik di tanah air, dan terakhir Yudi Nurcahya, wasit yang juga merupakan seorang dosen di perguruan tinggi negeri kota Bandung.

Diantara ke 3 wasit asal Indonesia, yang ditunjuk FIFA untuk mimpin jalannya piala dunia U 17. Aprisman Aranda merupakan wasit yang paling muda masih berumur 33 tahun. 

Walau tergolong masih muda Aprisman Aranda, merupakan wasit pertama yang mendapatkan sertifikat FIFA dari Indonesia pada tahun 2012, dibandingkan 2 wasit lainnya, yang ditunjuk FIFA untuk mimpin ajang piala dunia U 17.

Penunjukan 3 orang wasit Indonesia bersertifikat FIFA, guna memimpin laga piala dunia U 17 nanti. Tentunya menjadi kebanggaan bagi ke 3 wasit tersebut, serta Indonesia.

BACA JUGA:Perbandingan Harga Mobil Hybrid November 2023: Banderol CR-V dan Zenix Naik, Wuling Almaz Hybrid Makin Murah

FIFA (Federation Internationale de Football Association) sebagai organisasi pengatur sepak bola internasional telah memperketat syarat bagi calon wasit sepak bola yang ingin memimpin pertandingan tingkat internasional.

Langkah ini dilakukan guna memastikan bahwa para wasit memiliki kualifikasi yang memadai dan integritas yang tinggi saat mereka berada di tengah lapangan.

Menurut pernyataan resmi dari FIFA, syarat yang diperlukan untuk seorang wasit sepak bola internasional mencakup beberapa hal utama.

Pertama-tama, mereka harus memiliki lisensi wasit resmi yang dikeluarkan oleh otoritas sepak bola nasional mereka. Ini merupakan langkah awal yang memastikan wasit memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan permainan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber