Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh

Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh

Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh.--(sumber foto: instagram @lontongsayurmedan.palembang)

Cap Go Meh yang artinya adalah lima belas, yaitu menandai heri kelima belas atau berakhirnya perayaan tahun baru imlek. Sedangkan makna dari Lontong Cap Go Meh melambangkan inkulturasi budaya China dan lokal ( Jawa Tengah) dalam bentuk lontong komplet.

Lontong Cap Go Meh memiliki makna dan arti tersendiri bagi kaum Tionghoa. Yuanxiao merupakan sebuah bola – bola beras yang padat. Sedangkan lontong juga bertekstur padat yang melambangkan sebuah keberuntungan.

Bentuk lontong yang panjang melambangkan panjang umur. Dan kuah santan yang berwarna kuning keemasan melambangkan sebuah rezeki dan keberuntungan. 

BACA JUGA:Fenomena Melepas Hijab Kian Marak di Kalangan Artis, Ustadz Adi Hidayat Berikan Nasihat Ini

Lontong Cap Gomeh melambangkan asimilasi pembauran antara peranakan Tinghoa dengan orang pribumi jawa. Jadi bisa dibilang bahwa Lontong Cap Go Meh adalah bukti peranakan Tinghoa sudah membaur dan menjadi satu dengan masyarakat pribumi nusantara.

Cap Go Meh adalah festival budaya yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang. Perayaan ini selalu dirayakan oleh peranakan Tionghoa Indonesia bahkan masyarakat Indonesia pun sering ikut merayakan dan meramaikan perayaan tersebut. Dan itu menjadi salah satu pembuktian bahwa Indonesia kaya akan toleransi budaya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: