Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh

Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh

Makanan Pedas Khas Dari Tiongkok, Hingga Sejarah Lontong Menjadi Makanan Identik Tionghoa Saat Cap Go Meh.--(sumber foto: instagram @lontongsayurmedan.palembang)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Negeri Tiongkok banyak sekali memiliki masakan dan makanan pedas yang salah satu nya adalah makanan khas dari Sichuan.

Tak hanya makanan saja, mereka pun memiliki banyak perayaan salah satu nya adalah perayaan Cap Go Meh

Sichuan merupakan suatu provinsi di China yang sangat familiar atau terkenal dengan ciri khas rasa pedas nya. Bau dan rasa pedas itu ialah berasal dari cabai yang namanya huajiao. 

Masakan Khas Sichuan mengandung enam rasa, yaitu ada rasa asam, pedas, manis, pahit, asin, dan aromatik.

Cabai Sichuan ini biasanya memiliki bau yang sangat khas seperti wangi jeruk dan rasanya sedikit kebas di mulut.

Masakan Khas Sichuan yang populer adalah ayam gongbao yang biasanya ada kacang tanah. Selain itu, ada juga mapo tofu yang memiliki rasa pedas sekali tapi bisa membuat orang yang makan menjadi ketagihan. Dan juga da hotpot Sichuan yang kuah nya terdapat banyak sekali cabe huajijao.

BACA JUGA:AS akan Membangun 'Tatanan Dunia Baru'

Cap Go Meh adalah festival budaya yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang. Perayaan ini selalu dirayakan oleh peranakan Tionghoa Indonesia bahkan masyarakat Indonesia pun sering ikut merayakan dan meramaikan perayaan tersebut.

Uniknya, dalam perayaan Cap Go Meh tersebut, lontong menjadi salah satu makanan yang selalu ada dihidangkan oleh orang Tionghoa. lontong tersebut biasa disebut dengan lontong Cap Go Meh.

Lontong Cap Go Meh adalah salah satu makanan hasil akulturasi antara Tionghoa dan Jawa. Lontong Cap Go Meh menjadi salah satu makanan khas yang identik dihidangkan pada saat peringatan acara Cap Go Meh. 

Lontong Cap Go Meh merupakan adaptasi makanan peranakan Tionghoa dengan masakan jawa. Sebenarnya Lontong Cap Go Meh tidak terlalu berbeda dengan lontong biasa yang sering dikonsumsi kebanyakan orang.

Isian dalam masakan nya pun mirip, yaitu ada opor ayam, sayur lodeh, telur pindang, sambal goreng hati, sambal buah, dan kerupuk.

BACA JUGA:Box Office: Tur ‘Eras’ Taylor Swift Memimpin Dibayangi Film 'Killers of the Flower Moon'

Di China, salah satu makanan yang khas saat Cap Go Meh adalah yuanxiao. Tetapi karena banyak sekali orang Tionghoa tinggal di Nusantara dan mereka menikah dengan pribumi, maka digantilah makanan khas tersebut dengan lontong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: