Rumah Adat dengan Bentuk Unik di Indonesia

Rumah Adat dengan Bentuk Unik di Indonesia

Tongkonan, rumah adat Suku Toraja di Sulawesi Selatan.-benedek-pixabay.com/benedek

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia mempunyai beragam budaya yang tersebar luas di seluruh pelosok negeri. Setiap suku memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari bahasa, adat serta rumah adat. Beberapa rumah adat tersebut memiliki bentuk yang cukup unik yang akan membuat anda terpesona saat pertama kali melihat. Berikut rumah adat di Indonesia yang memiliki bentuk unik.

Tongkonan

Tongkonan merupakan rumah tradisional Suku Toraja  yang cukup populer di Indonesia. Rumah adat ini memiliki ciri khas lain dari Rumah adat di Indonesia pada umumnya, yaitu bagian atapnya semacam perahu dengan motif berupa ukiran dengan warna merah, hitam dan kuning.

Sedangkan pada bagian bawah Tongkonan terdapat semacam panggung yang biasanya difungsikan sebagai kandang kerbau. Sedangkan bagian atas rumah adat ini  terdapat patung kepala kerbau dengan warna berbeda, hal tersebut menunjukkan status sosial serta kemampuan ekonomi pemilik rumah.

BACA JUGA:Ingin Memelihara Ikan Hias? Ini Caranya

BACA JUGA:Mini Soccer dan Futsal, Sama-sama Bola, Lalu Apa Bedanya?

Status pemilik rumah adat Tongkonan ini juga dapat diketahui dari alang atau lumbung yang didirikan di depan rumah. Alang tidak hanya digunakan sebagai tempat menyimpan hasil pertanian, tetapi juga tempat penyimpanan barang-barang berharga. Setiap rumah adat Toraja ini mempunyai nama dari usulan Ketua Adat masing-masing yang dibuat berpasangan. Jadi walaupun letaknya berjauhan, pasangan Tongkonan dapat diketahui melalui namanya.

Rumah Gadang

Rumah adat tradisional Minangkabau ini juga biasa dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Gonjong merupakan bagian atap dari rumah adat ini yang ada di setiap bangunan rumah khas Minangkabau. Bentuk gonjong diibaratkan semacam harapan untuk mencapai Tuhan. Sedangkan pada bagian dinding yang terbuat dari anyaman bambu ini melambangkan kekuatan dan utilitas dari masyarakat Minangkabau.

Krong Bade

BACA JUGA:Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

BACA JUGA:Pesona Gardu Pandang Kaliurang, Objek Wisata di Sleman Yogyakarta

Krong Bade atau biasa dikenal dengan nama Rumoh Aceh adalah rumah adat dari Nangroe Aceh Darussalam. Rumah adat ini terdapat tangga depan yang digunakan bagi tamu atau pemiliknya untuk masuk ke dalam bangunan. Tangga tersebut memiliki tinggi sekitar 2,5 sampai 3 meter dari permukaan tangga. Keunikan lain dari tangga tersebut ialah tangga Krong Bade memiliki jumlah ganjil.

Ciri khas dari rumah adat Krong Bade tersebut ialah terbuat dari kayu dan terdapat banyak ukiran pada bagian dinding. Namun, banyaknya ukiran tersebut tergantung dari kemampuan ekonomi pemiliknya.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber