Ingin Memelihara Ikan Hias? Ini Caranya

Ingin Memelihara Ikan Hias? Ini Caranya

Ingin Memelihara Ikan Hias? Ini Caranya--Istimewa

PALEMBANG, PALTV.OC.ID - Banyak orang-orang saat ini yang suka memelihara berbagai macam hewan peliharaan seperti kucing, anjing, ayam, burung, kelinci, ikan, dan lain-lain. Tujuan memelihara hewan bagi orang-orang adalah untuk menghilangkan stress, mengisi waktu luang, dan masih banyak lagi alasan sehingga orang tertarik untuk memelihara hewan. 

Ikan adalah salah satu hewan peliharaan yang berbeda dari hewan peliharaan lainnya. Ikan adalah makhluk hidup yang hanya dapat hidup di air. Berbeda dengan hewan peliharaan lainnya yang dapat dilepas secara bebas. Namun, memelihara ikan terutama ikan hias dapat mendatangkan ketenangan bagi mereka yang memeliharanya.

Melihat ia berenang secara bebas terkadang dapat menenangkan pikiran kita. Namun terkadang, ikan memang lebih mudah mati dibanding hewan peliharaan lainnya.

Oleh sebab itu, berikut cara untuk merawat ikan hias

1. Pilih tempat yang sesuai dengan ukuran ikan

Layaknya kita, jika kita hidup ditempat yang sempit yang membuat kita tidak leluasa bergerak, maka lama-kelamaan kita akan stress. Begitu juga dengan ikan. Tempat ikan hidup haruslah sesuai dengan ukuran tubuhnya agar ikan dapat dengan leluasa berenang.

BACA JUGA:Mini Soccer dan Futsal, Sama-sama Bola, Lalu Apa Bedanya?

BACA JUGA:Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

Banyak pilihan-pilihan tepat hidup ikan yang dapat kita pilih mulai dari akuarium yang dapat kita letakkan didalam rumah, kolam yang dapat kita buat di halaman depan atau halaman belakang rumah, dan masih banyak lagi.

2. Pastikan air yang digunakan bagus untuk ikan

Terkadang ikan dapat mati karena tidak dapat beradaptasi dengan kualitas air pada tempat hidupnya. Selalu perhatikan kondisi air tempat kita memelihara ikan. Apabila kalian memelihara ikan di akuarium, hindari untuk mengisi airnya dengan air ledeng langsung.

Air ledeng dapat kalian endapkan selama tiga sampai empat jam sebelum kalian mengisikannya pada akuarium. Begitu pula dengan kolam. Pastikan juga air selalu dalam keadaan yang bersih. Apabila air sudah mulai keruh, maka segerahlah kuras dan diganti dengan air baru.

3. Beri makanan yang bagus secara teratur

Orang-orang banyak yang memilih untuk memberikan pelet pada ikan peliharaannya. Namun, kualitas pelet ikan pun harus diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis ikan hias kalian.

Sumber: berbagai sumber