Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!

Kalian Pencinta Pedas? Nih Bahayanya Jika Terlalu Berlebihan!-- um.surabaya.ac.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mengkonsumsi makanan pedas terkadang memang menjadi favorit sebagian orang, bahkan tak jarang kebanyakan orang merasa tidak selera makan jika makanan tersebut tidak mengandung banyak cabai.

Melihat kondisi saat ini saja, sebagian besar makanan-makanan yang viral diluar sana menyajikan rasa yang pedas sampai rasa yang sangat pedas tergantung level yang diminta konsumen.

Zat capsaicin yang terdapat di dalam cabai inila  ada akhirnya menimbulkan rasa panas hingga terasa terbakar di dalam lidah. Hal ini tentu saja menyebabkan tubuh kita nantinya akan merangsang otak untuk mengeluarkan sebuah hormon yakni hormon endorphin.

Hormon endorphin ini berfugsi untuk meredam rasa terbakar dan panas serta hormon dopamine yang memiliki fungsi sebagai pemicu munculnya rasa Bahagia.

BACA JUGA:Pesona Gardu Pandang Kaliurang, Objek Wisata di Sleman Yogyakarta

BACA JUGA:HP Vivo Mati Akibat Boot Loop? Berikut Dua Cara untuk Mengatasi HP yang BootLoop

Dengan adanya hormon dopamine inilah yang menyebabkan makanan pedas ini terasa sangat nikmat walaupun membuat rasa hangat dan terbakar dilidah.

Pada dasarnya mengkonsumsi cabai ini memiliki sebuah manfaat yakni sebagai antikoagulan yang dapat mengurangi resiko terserang penyakit seperti stroke, jantung, dan juga hipertensi. Namun, apabila cabai ini dikonsumsi secara berlebihan tentu saja dapat menyebabkan masalah pada Kesehatan.

Adapun dampak buruk yang muncul akibat mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan, meskipun makan yang terlalu pedas tersebut merupakan favorit kalian.

1. Terserang Penyakit Maag

Dampak atau akibat buruk apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai secara berlebihan yakni terserang penyakit berbahaya yakni gastritis atau yang biasa kita kenal dengan penyakit maag. Mengkonsumsi makanan pedas ini tentu saja bisa berakibat pada naiknya asam lambung dengan sangat cepat.

Kenaikan asam lambung dengan sangat tersebut merupakan sebuah respon yang menandakan adanya iritasi pada dinding lambung yang diakibatkan oleh makanan pedas tersebut.

Jika kita tidak mengurangi mengkonsumsi makanan pedas tersebut tentu saja dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung yang nantinya akan menyebabkan peradangan pada lapisan lambung. Karena peradangan tersebut nantinya akan muncul beberapa masalah seperti perut kembung, nyeri ulu hati, muntah, dan juga terasa sangat mual.

2. Usus Merespon Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: surabaya.ac.id