Ratusan Hektare Lahan di Desa Gasing Terbakar, Kabut Asap Bahayakan Pengguna Jalan

Ratusan Hektare Lahan di Desa Gasing Terbakar, Kabut Asap Bahayakan Pengguna Jalan

Pihak Kepolisian dan TNI berinisiatif membantu tim BNPB Sumsel, dalam upaya pemadaman api karhutla yang melanda Desa Gasing, Senin (2/10/2023).-Suryadi-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Puluhan hektare lahan dan hutan terbakar dilalap si jago merah di Desa Gasing, Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten BANYUASIN, Sumatera Selatan pada hari Minggu, 1 Oktober 2023.

Akibat dari kebakaran ratusan hektare lahan ini, kabut asap tebal menyelimuti wilayah sekitar, mengurangi jarak pandang secara signifikan, dan mengancam keselamatan pengguna jalan, termasuk kendaraan roda dua dan roda empat, yang dapat mengakibatkan potensi kecelakaan.

Di sepanjang jalan, beberapa pedagang yang berada di pinggir jalan terpaksa melakukan evakuasi diri, untuk menghindari bahaya asap yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

Bahkan, beberapa kendaraan besar terpaksa berhenti dan ada yang memutar balik demi keselamatan mereka.

BACA JUGA:Diduga Pasutri Terekam Kamera Pengawas Maling Sepeda Motor di Parkiran Rumah Makan Padang

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Bawaslu OKU Selatan Ajukan Dana Hibah Rp14 Miliar


Tim di lapangan bahkan harus menghentikan kendaraan pengangkut air untuk membantu memadamkan kobaran api karhutla di Desa Gasing, Senin (2/10/2023).-Suryadi-PALTV

Pihak Kepolisian dan TNI telah berinisiatif untuk membantu tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel, dalam upaya pemadaman api yang melanda daerah Gasing ini.

Namun, pemadaman api ternyata memakan waktu lama, hingga mencapai dua hari karena kendala sulitnya mendapatkan pasokan air.

Tim di lapangan bahkan harus meminta bantuan dan menghentikan kendaraan pengangkut air untuk membantu memadamkan kobaran api yang meluas.

"Tim kami terkendala sulitnya mendapatkan pasokan air, terpaksa kami memberhentikan kendaraan mobil tangki yang membawa air," kata Romi, anggota BNPB Sumsel pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

BACA JUGA:Cukup dengan KTP, Ribuan Warga di OKU Selatan Bisa Berobat Gratis!

BACA JUGA:SMA Negeri 6 Palembang Wajibkan Pelajar Gunakan Masker Demi Menjaga Kesehatan dari Kabut Asap Karhutla

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv