Posyandu Puskesmas Muara Enim Imunisasi Rotavirus, Mampu Cegah Stunting pada Anak Usia Dini

Posyandu Puskesmas Muara Enim Imunisasi Rotavirus, Mampu Cegah Stunting pada Anak Usia Dini

Tim Posyandu dari Puskesmas Muara Enim memberikan penyuluhan tentang imunisasi Rotavirus untuk kesehatan anak, Rabu (20/9/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Tim Posyandu dari Puskesmas MUARA ENIM memberikan imunisasi Rotavirus bagi anak usia dua bulan, tiga bulan dan empat bulan.

Pemberian imunisasi ini dilakukan di Posyandu Desa Kepur Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim pada hari Rabu, 20 September 2023.

Rotavirus (RV) sendiri merupakan imunisasi untuk pencegahan penyakit diare pada anak usia dini. Tingginya kasus diare yang menyebabkan kematian pada anak usia balita, membuat WHO melalui pemerintah memberikan imunisasi Rotavirus kepada anak usia dua bulan hingga empat bulan.

Tim Posyandu dari Puskesmas Muara Enim langsung turun ke lapangan untuk menyalurkan Rotavirus bagi anak-anak di kawasan Desa Kepur.

BACA JUGA:Penyidik Kejati Sumsel Sita Uang Ratusan Juta Rupiah dan 2 Sertifikat Milik Tersangka Hendri Zainuddin

Untuk selanjutnya imunisasi ini sendiri akan didistribusikan secara berkala di kawasan Kabupaten Muara Enim.

Untuk hari Rabu, 20 September 2023, pemberian imunisasi dilakukan serentak di seluruh Kabupaten Muara Enim.

Bagi masyarakat yang anaknya belum sempat diimunisasi, bisa melakukan imunisasi pada jadwal Posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya.

Selaku Koordinator Imunisasi Puskesmas Muara Enim, Marita Wari SKM mengatakan, kegiatan imunisasi ini seharusnya dilakukan pada bulan Agustus 2023 kemarin, namun terkendala beberapa hal.

BACA JUGA:Proyek Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Sesuai Rupa dan Tak Proporsional, Tak Melibatkan Seniman Patung?


Petugas Posyandu Puskesmas Muara Enim memberikan imunisasi Rotavirus kepada anak usia dua bulan hingga empat bulan, Rabu (20/9/2023).-Yansyah-PALTV

“Sekarang kita melakukan imunisasi serentak dan juga melakukan penyuluhan untuk imunisasi Rotavirus. Rotavirus sendiri merupakan vaksin baru dari WHO yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit diare pada anak usia balita," terang Marita Wari.

Tingginya kasus kematian anak usia balita karena terkena penyakit diare, membuat pemerintah segera melakukan upaya pencegahan dengan memberikan imunisasi Rotavirus.

Penyakit diare pada anak bisa menyebabkan turunnya berat badan anak akibat cairan tubuh dan nutrisi yang berkurang drastis karena pembuangan. Dengan begitu akan menyebabkan anak kekurangan daya tahan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv