Momen Jokowi tersenyum saat keblabasan dalam Upacara Penyambutan Kenegaraan di Kenya

Momen Jokowi tersenyum saat keblabasan dalam Upacara Penyambutan Kenegaraan di Kenya

Momen Jokowi tersenyum saat keblabasan dalam Upacara Penyambutan Kenegaraan di Kenya--Photo youtube SekretariatPresiden

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebuah video mengenai Presiden Joko Widodo tengah viral di berbagai media sosial. Video tersebut menampilkan momen yang memperlihatkan Jokowi dalam situasi yang agak tidak terduga saat upacara penyambutan kenegaraan di Kenya.

Menanggapi video yang menarik perhatian publik tersebut, pihak Istana Kepresidenan memberikan penjelasan resmi.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media dari Sekretariat Presiden, yaitu Bey Machmudin, menjelaskan bahwa kejadian tersebut berlangsung ketika Presiden Jokowi sedang melakukan pemeriksaan pasukan dalam rangkaian acara penyambutan kenegaraan di Kenya pada Senin, 21/8/2023.

Lebih lanjut, Bey menjelaskan bahwa dalam tata upacara militer (TUM) dan aturan keprotokolan yang berlaku di negara Indonesia, bentuk penghormatan kepada bendera nasional biasanya hanya dilakukan cuma satu kali, tepat saat presiden maupun tamu negara ataupun tamu undangan berada di posisi tengah barisan pasukan. Namun, aturan tersebut ternyata berbeda dengan protokol negara Kenya.

BACA JUGA:Meninggal Kecelakaan di Banyuasin, Momen Haru Ayah Romi Wakili Wisuda Anaknya di UNSRI Indralaya

BACA JUGA:Pamer Pendapatan di Media Sosial, Baik atau Tidak?

"Dalam tata upacara militer (TUM) dan aturan keprotokolan negara yang berlaku di negara Indonesia,tidak dilakukan sebanyak dua kali melainkan hanya satu kali saat presiden atau kepala negara dan tamu negara serta tamu undangan sedang berada di posisi tengah barisan pasukan. Jadi, hal ini terjadi karena perbedaan dalam TUM dan aturan keprotokolan yang berlaku di negara-negara," jelas Bey.

Menurut Bey, pihak keprotokolan negara Indonesia tidak mendapatkan informasi sebelumnya mengenai perbedaan aturan keprotokolan di Kenya. Hal ini menjelaskan mengapa insiden yang melibatkan Jokowi terjadi.

"Selain itu, kami juga tidak mendapat informasi dan pemberitahuan dari kementerian kenya terkait dengan TUM (  tata upacara militer ) dan aturan keprotokolan di negara tersebut," tambah Bey.

Dalam video yang viral sebelumnya, Jokowi terlihat berjalan di atas karpet merah dengan diiringi oleh tiga petugas upacara. Salah satu petugas dengan seragam merah kemudian memberikan hormat senjata. Namun, Jokowi tetap melanjutkan langkahnya. Dua petugas lainnya yang mengenakan seragam cokelat pun mendekatinya dengan cepat.

BACA JUGA:Majelis Hakim Bacakan Pihak-pihak yang Ikut Terlibat Korupsi Program SERASI Banyuasin

BACA JUGA: Tergabung di Grup 1 Bersama PSMS hingga Semen Padang FC, Pelatih Sriwijaya Tetap Optimis

Salah satu dari petugas tersebut lantas memberikan hormat dan menginstruksikan Jokowi untuk mundur ke posisi semula agar penghormatan bisa dilakukan. Dengan senyuman, Jokowi patuh mengikuti petunjuk tersebut dan mengambil langkah mundur. Akhirnya, petugas yang mengenakan seragam merah berhasil memberikan penghormatan senjata yang semestinya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber