Pj Bupati Muba Serahkan Remisi HUT RI ke-78 Kepada 807 WBP Lapas Sekayu

Pj Bupati Muba Serahkan Remisi HUT RI ke-78 Kepada 807 WBP Lapas Sekayu

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, Penjabat Bupati (Pj Bupati) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi, mengunjungi Lapas Sekayu.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati Muba secara simbolis menyerahkan remisi kemerdekaan kepada 807 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Sekayu pada hari Kamis 17 Agustus 2023.


Ronald Heru Praptama, Kalapas Sekayu, Mengungkapkan bahwa dari total 1058 warga binaan, sebanyak 807 di antaranya diberikan remisi kemerdekaan --Foto : Humas Lapas Kelas II.B Sekayu

Kalapas Sekayu, Ronald Heru Praptama, mengungkapkan bahwa dari total 1058 warga binaan, sebanyak 807 di antaranya telah diberikan remisi kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT RI ke-78. Ronald Heru menjelaskan, "Tahun ini, ada 807 warga binaan yang menerima remisi kemerdekaan, semuanya merupakan warga binaan yang telah memenuhi persyaratan."

Dari jumlah itu, terdapat 23 warga binaan yang telah menjalani masa tahanan pokok dan dinyatakan bebas. Namun, situasi 6 warga binaan yang masih harus menjalani masa hukuman subsider menyebabkan kebebasan mereka tertunda. Ronald Heru menjelaskan, "Jadi, ada 17 warga binaan yang secara efektif bebas, sedangkan 6 warga lainnya akan menjalani masa hukuman subsider terlebih dahulu."

BACA JUGA:Kebarakan Lahan Rutin Terjadi di Sumsel : Karena Banyak Lahan Gambut Yang Mudah Terbakar dan Sulit Padam

BACA JUGA:Viral! Pelatih Paskibraka Terjatuh dari Tiang Bendera Saat Memperbaiki Sangsaka Merah Putih,


Pj Bupati Muba Serahkan Remisi di Lapas II.B Sekayu--Foto : Humas Lapas Kelas II.B Sekayu

Lebih lanjut, Ronald Heru menjelaskan bahwa remisi diberikan kepada warga binaan yang telah memenuhi kriteria tertentu, seperti berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan dan telah menjalani tahanan lebih dari enam bulan. Ia berharap warga binaan yang bebas dapat beradaptasi dengan masyarakat secara positif.

Pj Bupati Muba Apriyadi mengingatkan para warga binaan yang mendapat remisi untuk kembali ke keluarga masing-masing dengan membawa prinsip kebaikan dalam aktivitas sehari-hari. "Kami berpesan kepada yang akan bebas agar merubah diri, dan kami berharap tidak terjadi perulangan kesalahan yang membawa mereka kembali ke dalam lapas," ujarnya.

Pj Bupati Muba juga memberikan selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi namun belum bebas. Ia menekankan pentingnya menjalani sisa masa tahanan dengan ikhlas serta mengikuti program-program di Lapas, agar mereka dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat setelah keluar dari lapas.

Pj Bupati Muba juga menegaskan komitmennya untuk mendukung program pembinaan di Lapas Sekayu, khususnya dalam bidang keagamaan. Ia mengusulkan agar warga binaan dapat menerima pendidikan formal seperti SMP, SMA, hingga kuliah melalui fasilitasi kelas online.

BACA JUGA:HUT RI ke-78, 210 Warga Binaan di Sumsel Dapat Remisi Bebas

BACA JUGA:Anggota Polairud Polres Muba Kembangkan Program 'Anjar' untuk Meningkatkan Pendidikan Anak di Wilayah Pesisir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber