Anggota Polairud Polres Muba Kembangkan Program 'Anjar' untuk Meningkatkan Pendidikan Anak di Wilayah Pesisir

Anggota Polairud Polres Muba Kembangkan Program 'Anjar' untuk Meningkatkan Pendidikan Anak di Wilayah Pesisir

Anggota Polairud Polres Muba Kembangkan Program 'Anjar'--PALTV - Ruzi Iskandar

MUSI BANYUASIN PALTV.CO.ID - Anggota Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Musi Banyuasin (Muba) terus berupaya mencerdaskan anak bangsa melalui program inovatif bernama "Anjar".

Program ini berhasil memberikan harapan baru bagi anak-anak di wilayah perairan, seperti yang terjadi pada Sapar (11), seorang anak putus sekolah dari Desa Karang Tirta, Kecamatan Lalan.

Anjar, singkatan dari "Airud Mengajar", merupakan usaha yang dijalankan oleh Satpolairud Polres Muba, Polda Sumsel. Sasaran utama dari program ini adalah anak-anak sekolah dasar dan menengah, serta warga masyarakat yang buta huruf, khususnya yang tinggal di pesisir atau bantaran sungai.

Dalam upaya menumbuhkan minat baca dan mengatasi kendala infrastruktur dan layanan internet, Anjar juga memberikan bantuan pengajaran kepada warga yang buta aksara.

BACA JUGA:Kisah Dibalik Sukses Paskibraka! Lilly Indiani Pembawa Baki Bendera Merah Putih Sepatunya Copot Sebelah

BACA JUGA:Asap Terus Menggumpal Di Lahan Gambut Belakang Perumahan Arsenio 5 Bukit Baru


Sapar, seorang anak yang telah tiga tahun putus sekolah, mendapat kesempatan sekolah kembali berkat program Anjar.--Foto : PALTV- RUZI ISKANDAR

Sapar, seorang anak yang telah tiga tahun putus sekolah, mendapat kesempatan sekolah kembali berkat program Anjar. Kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu menjadi kendala utama, namun inisiatif Anjar mampu memberikan akses pendidikan yang sebelumnya sulit didapatkan.

Kapolres Muba, AKBP. Imam Safii Sik Msi., mengapresiasi upaya tersebut dan menyatakan komitmennya untuk mendukung pendidikan anak-anak di wilayah perairan.

Program Anjar juga bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba untuk meminjam buku-buku bacaan. Pos Sandar P2 Desa Karang Tirta dan Pos Sandar Sungai Lilin menjadi tempat yang disiapkan untuk membaca, dengan kapal patroli Satpolairud yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling.

Kedepannya, program ini akan terus berusaha mengumpulkan warga yang buta aksara untuk diajak belajar membaca dan menulis.

BACA JUGA:Semangat Kemerdekaan Plt Bupati Muara Enim Ajak Generasi Muda Berkontribusi Membangun Daerah

BACA JUGA:Sambut HUT RI ke 78, Sekda Palembang Bagikan 200 Paket Beras

Inisiatif Polairud Polres Muba ini tidak hanya memberikan harapan bagi anak-anak seperti Sapar, tetapi juga memberikan peluang baru bagi pendidikan di wilayah perairan. Dengan dukungan dan upaya bersama, program Anjar diharapkan dapat terus mengembangkan potensi anak bangsa di setiap lapisan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv