Asap Terus Menggumpal Di Lahan Gambut Belakang Perumahan Arsenio 5 Bukit Baru

Asap Terus Menggumpal Di Lahan Gambut Belakang Perumahan Arsenio 5 Bukit Baru

Asap Terus Menggumpal Di Lahan Gambut belakang Perumahan Arsenio 5 Bukit Baru--Foto : PALTV - LUTFI

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebakaran  lahan gambut  di belakang Perumahan Arsenio 5 Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat 1 Kota PALEMBANG.

Api yang diduga berhasil di padamkan sekitar pukul 23.00 WIB, kini sisa api malah membakar lahan di sekitarnya sehingga menyebabkan gumpalan asap tebal tidak jauh dari lokasi kebakaran semalam, Kamis (17/8/2023).

Terlihat gumpalan asap tebal  di sekitar area lahan kosong di  dekat  daerah perumahan  Arsenio 5. Diketaui penyebab asap sementara dari api yang belum berhasil di padamkan semalam.

Salah satu warga perumahan Arsenio 5, Agus mengatakan kalau lahan yang terbakar semalam berada di belakang rumahnya sehingga dirinya sempat khawatir kalau api merembet sampai keperumahan. 

“kita khawatir kalau angin mengarah keperumahan sehingga api  menyebar sampai ke perumahan”. kata Agus

BACA JUGA:Semangat Kemerdekaan Plt Bupati Muara Enim Ajak Generasi Muda Berkontribusi Membangun Daerah

BACA JUGA:Sambut HUT RI ke 78, Sekda Palembang Bagikan 200 Paket Beras

Api diketahui baru bisa dipadamkan sampai sekitar pukul 02.00 WIB dengan bantuan warga dan 1 unit pemadam kebakaran. “pagi tadi kami cek lagi kesini ternyata apinya malah menyebar ke lahan lain.” ujarnya.

Selaku Lurah Bukit Baru Edwinsah Efendi mengungkapkan Api yang berasal dari kebarakan lahan di Perumahan Arsenio 5  sekitar sore hari. Sehingga  masyarakat menghubungi pihak damkar untuk bersama-sama memadamkan api tersebut.

Namun pihak damkar kesulitan menjangkau titik api tesebut. “dihalangi oleh kanal atau parit yang besar, sehingga tarikan dari pipa tersebut sudah mencapai kurang lebih 300-400 meter dan  itu sudah habis damkar juga sudah kehabisan air dan tidak bisa lagi menjangkau titik api” ungkapnya

Lahan gambut yang kini terbakar hingga sekarang masih belum diketahui pemiliknya. Edwinsah mengatakan mungkin ada pemiliknya namun tidak diurus.

BACA JUGA:HUT RI ke-78, 210 Warga Binaan di Sumsel Dapat Remisi Bebas

BACA JUGA:Warga 9/10 Ulu Melahirkan Anak pada Hari Kemerdekaan RI ke-78, Anak Diberi Nama Hut RI Agustina

“Lahan gambut ini kondisinya memang sudah begini, mungkin ada pemilik lahannya yang tidak pernah diurus” kata Edwinsah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv