Proses Pembuatan ‘Telok Ukan’ Telur Bukan Sembarang Telur Kuliner Khas Kota Palembang

Proses Pembuatan ‘Telok Ukan’ Telur Bukan Sembarang Telur Kuliner Khas Kota Palembang

Telok ukan kuliner musiman khas Palembang yang biasa ditemukan pada perayaan Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kota Palembang, Minggu (13/8/2023).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG mempunyai bebagai macam jenis makanan khas, salah satunya ialah ‘telok ukan’ yang merupakan makanan musiman.

Makanan musiman yang hanya bisa dijumpai saat menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus dan Hari Jadi Kota Palembang di bulan Juni ini, biasanya banyak pedagang telok ukan yang berjualan di sepanjang Jalan Merdeka Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Namun dengan namanya yang unik, banyak masyarakat Kota Palembang belum mengetahui proses pembuatan telok ukan.

Telok ukan terbuat dari bahan utama telur bebek, santan, saripati daun suji, kapur sirih, garam, dan penyedap rasa.

BACA JUGA:Telok Ukan Makanan Musiman 17 Agustus Khas Kota Palembang

BACA JUGA:Perahu Gabus dan Telok Abang, Simbol Budaya Palembang Merayakan Kemerdekaan RI


Nyayu Azizah sedang mengukus telok ukan, Minggu (13/8/2023).-Ekky Saputra-PALTV

Pembuatan telok ukan sendiri cukup mudah. Pertama, lubangi kecil ujung telur bebek. Karena cangkangnya akan digunakan kembali sebagai wadah adonan telok ukan, maka keluarkan semua isi telur hingga bersih.

Campur perasan santan, saripati daun suji, garam dan penyedap rasa ke dalam cangkang telur yang sudah dikeluarkan isi. Kemudian aduk hingga tercampur dengan merata, lalu campurkan sedikit kapur sirih ke dalam adonan, aduk kembali hingga merata.

Selanjutnya saring adonan agar tidak menggumpal, kemudian masukan kembali adonan yang sudah disaring ke dalam cangkang telur yang sudah dibersihkan. Lalu tutup cangkang telur dengan menggunakan gabus kayu. Langkah berikutnya kukus telok ukan sekitar 1 jam hingga adonan matang sempurna.

Menurut Nyayu Azizah, telur ukan merupakan makanan khas Palembang yang hanya ada di bulan Agustus. Pembuatan telok ukan sendiri tidak terlalu lama yakni sekitar 1 jam. Proses pembuatan harus diperhatikan, terutama dalam proses pengukusan agar telok ukan matang dengan sempurna.

BACA JUGA:Gubernur Herman Deru Instruksikan Walikota Bagikan Masker untuk Warga Terdampak Asap Kebakaran TPA Sukawinatan

BACA JUGA:Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-78 RI, Emak-emak dan Waria Bersaing dalam Lomba Baris-berbaris di Kota Pagar Alam


Telok ukan buatan Nyayu Azizah yang sudah dikukus siap dikonsumsi, Minggu (13/8/2023).-Ekky Saputra-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv