Pindah dari Dispora ke Kesbangpol OKU, Pendaftaran Paskibraka Melalui Online

Pindah dari Dispora ke Kesbangpol OKU, Pendaftaran Paskibraka Melalui Online

M Taufik, Kepala Badan Kesbangpol OKU.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Berbeda dengan tahun lalu, mulai tahun ini rekruitmen Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka  (Paskibraka) Kabupaten OKU tahun 2023 tidak lagi dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). rekruitmen dan pelatihan akan dilakukan Badan Kesbangpol Kabupaten OKU

Kepala Badan Kesbangpol OKU M Taufik mengungkapkan, hal tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 51 Tahun 2022 dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2023, di mana persiapan upacara HUT RI tak lagi difasilitasi oleh Kemenpora, melainkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten Kota.

Namun, hingga saat ini tahapan perekruitan Calon Anggota Paskibraka belum dilakukan. Padahal, biasanya tahun-tahun sebelumnya, di awal bulan Februari, panitia seharusnya telah melakukan seleksi.

"Memang seharusnya sudah mulai melakukan seleksi. Namun tahun ini pertama seleksi Paskibraka hingga pelaksanaan upacara HUT RI dilaksanakan oleh Kesbangpol. Kita sudah mulai melakukan persiapan," jelas Taufik, Senin 13 Februari 2023.

BACA JUGA:Pesona Goa Putri, Muasal Legenda Kutukan Dayang Merindu

BACA JUGA:Asal Usul Suku Basemah yang Menyimpan Banyak Sejarah

Tahun ini teknis perekrutan yang akan dilakukan berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurut Taufik, perekrutan Anggota Paskibraka tahun ini akan dilakukan secara online, mirip dengan proses melamar pada Polri dan TNI.

"Kalau rekruitmen akan dilakukan secara online, nanti sama halnya dengan seleksi TNI Polri. Kemarin  9-10 Februari lalu, kita telah mengikuti rapat koordinasi yang dibuka langsung  oleh Kepala  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Jakarta. Isinya terkait pelaksanaan inilah (seleksi Paskibraka, ed.)," terang Taufik. 

Dari hasil rakor tersebut, diputuskan untuk penjaringan peserta Paskibraka akan melalui sistem online. Di mana, setiap siswa boleh  mendaftar pada link yang telah disiapkan. “Nantinya barulah  kita seleksi seperti kesehatan, parade dan sebagainya," ungkapnya. 

Dikatakan Taufik, tahapannya sudah disusun semua dan saat ini masih dirapikan lagi. Untuk di bulan Februari ini sudah dimulai.

BACA JUGA:Apa Saja Sih Isi Kampus UNSRI? Berikut Ini Hal Yang Anda Temui Bila Mengunjungi Universitas Sriwijaya

BACA JUGA:Gedung Bersejarah Rusak Parah, Tuntutan Gedung Kesenian Palembang Kian Menguat

"Kita juga sudah berkoordinasi kepada Kodim 0403 OKU, Polres OKU dan juga PPI. Untuk teknisnya akan kita bahas lebih lanjut nantinya," jelasnya. 

Hasil seleksi Calon Anggota Paskibraka akan diumumkan pada bulan Mei tahun 2023. Diawali dengan seleksi administrasi dan kesehatan di bulan Februari. Kemudian di bulan Maret seleksi parade, seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, dan seleksi intelijensia umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv