Rahasia Meningkatkan Daya Ingat dan Menghafal Lebih Mudah

Rahasia Meningkatkan Daya Ingat dan Menghafal Lebih Mudah

Ilustrasi melatih daya ingat.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

BACA JUGA:Buket Lolipop Coklat, Hadiah Unik di Momen Valentine

Berbagai macam orang memiliki versi tersendiri dalam menguatkan daya ingat di otaknya. Ada yang melakukan hafalan di tempat ramai, juga sebaliknya di tempat yang sepi. Setiap individu memiliki titik fokus masing-masing sebelum mengingat hal yang penitng.

5. Ulangi materi hafalan

Ulangi materi yang dihafalkan setelah dua puluh sampai tiga puluh menit, setelah itu ulangi lagi dalam satu hari. Selanjutnya ulangi lagi dalam dua sampai tiga minggu, bahkan hingga dua sampai tiga bulan. Secara terus menerus, maka otak akan mengingat lebih tajam lagi tentang informasi tersebut. Contohnya dalam mengingat nomor telepon orang tua ataupun pasangan anda.

6. Beri waktu istirahat bagi otak

BACA JUGA:Keindahan dan Legenda Pusuk Buhit

Berikan waktu istirahat sejenak untuk otak agar tidak kelelahan. Usahakan anda tetap dalam keadaan segar dan tenang dalam semua kondisi, untuk menghindari resiko hilangnya ingatan berharga dalam otak. 

7. Hindari keramaian

Ruang yang tenang dapat membuat kita lebih fokus dalam menghafal, karena dinilai bisa memberikan efek rileks pada tubuh manusia. Terlebih lagi apabila ditambahkan dengan mendengar lagu kesukaan yang dapat meningkatkan daya fokus kita saat menghafal. 

8. Tidak panik dan tetap tenang

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Relawan YPN Deklarasikan Diri

Hilangkan rasa panik pada tubuh, karena di saat kondisi panik biasanya kita akan lebih pelupa dibanding kita dalam posisi tenang dan rileks.

9. Improvisasi kalimat

Lakukan improvisasi untuk membuat kalimat sendiri saat ada hafalan yang disimpan di otak. Ambil poin terpenting dan kemas dengan gaya dirimu sendiri.* (Taslim Rahman, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber