Rahasia Meningkatkan Daya Ingat dan Menghafal Lebih Mudah

Rahasia Meningkatkan Daya Ingat dan Menghafal Lebih Mudah

Ilustrasi melatih daya ingat.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa yang tidak tahu dengan otak dan daya ingat pada manusia? Tentunya kita semua memiliki ingatan dan juga ruang di dalam otak kita. otak dan daya ingat berguna untuk menyerap berbagai fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan pengetahuan yang kita pelajari baik itu di sekolah, tempat kerja, di rumah dan di manapun kita berada.

Menurut sumber dari buku Discover The Brain, otak dapat menyimpan ingatan dalam memori penyimpanan hingga daya tampung mencapai 1.014 bit. Bahkan komputer paling canggih saat ini tidak dapat menyimpan data sebanyak itu, yang mana hanya bisa menyimpan data maksimal 109 bit. 

Setiap manusia memiliki daya ingat yang berbeda-beda, tergantung dengan individu itu sendiri. Jika kita sering melakukan upaya pelatihan otak untuk meningkatkan daya ingat, tentunya kita akan terkesan lebih pintar dan mudah untuk memahami segala macam kondisi yang dibutuhkan pada masa itu.

Jika kalian merupakan orang yang sulit dalam mengingat, tentunya artikel ini berguna untuk anda melatih daya ingat. Berikut ini kita sajikan tips bagaimana caranya untuk melatih otak agar ingatan menjadi kuat.

BACA JUGA:Gorengan Memang Lezat, Namun Bahayanya Tidak Main-main

Mengutip dari kanal YouTube Sisi Terang, berikut yang harus anda lakukan untuk memudahkan anda meningkatkan daya ingat dan menghafal. 

1. Lakukan teknik menghapal dengan pengulangan berjangka

Maksud dari hapalan dengan teknik pengulangan berjangka ini adalah upaya otak untuk dapat menyimpan informasi dalam jangka panjang. Jika ingin membuat ingatan mutlak dalam otak, biasanya berikan alasan terlebih dahulu tentang dampak yang timbul dan keuntungan yang kita dapat jika objek tersebut kita ingat. Biasanya otak akan melepaskan ingatan dalam fikiran, apabila tidak diperlukan dan mempunyai dampak buruk bagi dirinya. 

2. Cara menghafal sesuatu dengan pengulangan berjangka 

BACA JUGA:Pesona Gunung Sibuatan, Atap Negeri dari Sumatera Utara

Lakukan pengulangan kalimat yang secara terus menerus hingga otak memuat data yang kita ucapkan menjadi ingatan mutlak atau ingatan yang tidak bisa diubah. Contohnya, di saat kita memikirkan bahwa orang tua atau pasangan merupakan sumber kebahagiaan dalam hidup, maka otak kita otomatis akan mengingat baik bentuk tubuh, postur, sifat dan juga kasih sayang yang diberikan. 

3. Perpanjang periode menghafal 

Lakukan pengulangan hafalan lebih dari tiga kali untuk menghindari lupa dalam setiap hal. Jika perlu lakukan pencatatan hal penting dalam kehidupan anda. Buatlah suasana nyaman dalam menghafalkan sesuatu, agar tidak tertekan dengan keadaan saat itu. 

4. Carilah tempat yang dapat membuat anda fokus dan rileks untuk menghafal 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber