Mandi Malam Bisa Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan Anda, Jika Dilakukan Dengan Cara Ini.

Mandi Malam Bisa Dianggap Berbahaya Bagi Kesehatan Anda, Jika Dilakukan Dengan Cara Ini.

Mandi pada malam hari baik setelah beraktifitas. Namun kebiasaan mandi malam yang salah berbahaya bagi tubuh.--pixels.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mandi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh banyak orang untuk membersihkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Meskipun Mandi di malam hari bisa memberikan rasa segar dan membantu melepas penat sebelum tidur.

tetapi tahukah Anda bahwa mandi malam juga dapat memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan. Tentu saja, jika dilakukan dengan hal -hal seperti dibawah ini: 

1. Mandi Dengan Air Terlalu Dingin. Mandi dengan air yang terlalu dingin di malam hari dapat menyebabkan gangguan tidur. Tubuh akan berusaha meningkatkan suhu tubuh setelah mandi dingin, dan ini bisa mengganggu proses alami tidur Anda.

Mandi di malam hari dengan air yang terlalu dingin dapat menyebabkan pernapasan tersengal-sengal. Suhu tubuh yang tiba-tiba turun dapat menyebabkan saluran pernapasan menyempit, dan ini bisa berdampak pada orang-orang yang menderita asma atau kondisi pernapasan lainnya.

BACA JUGA:Mulai Oktober 2023, OJK Bakal 'Bersih-bersih' Pinjol

BACA JUGA:Masjid Cheng Ho Palembang Gaya Arsitektur Tionghoa, Tanda Akulturasi yang Kuat

Saat tidur yang tidak cukup, tubuh tidak dapat melakukan regenerasi sel dan memulihkan diri sepenuhnya, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

2. Mandi terlalu sering. Mandi terlalu sering atau terlalu lama di malam hari dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit membutuhkan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebum untuk menjaga kelembapannya.

Mandi terlalu sering atau menggunakan air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami ini dan menyebabkan kulit kering, gatal, dan bahkan bersisik.

3. Kurang Mengeringkan rambut dan tubuh. Mandi di malam hari, terutama saat rambut dan tubuh masih basah saat tidur, dapat meningkatkan risiko terserang flu, pilek, atau infeksi lainnya.

BACA JUGA:Minum Ari Baik! Tapi Awas Jangan Berlebihan Sebab Efek Buruk Bagi Beberapa Organ Tubuh

BACA JUGA:Bingung Mau Usaha Makanan Apa? Coba Pertimbangkan Beberapa Pilihan Berikut Ini

Bakteri dan virus lebih mudah menyebar di kulit yang lembap, dan jika Anda tidur dengan rambut basah, bantal dan seprai juga bisa menjadi media yang baik untuk berkembang biaknya kuman.

4. Mandi air terlalu panas. Mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau masalah kardiovaskular lainnya, mandi malam dengan air panas bisa menjadi bahaya tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber