Masjid Cheng Ho Palembang Gaya Arsitektur Tionghoa, Tanda Akulturasi yang Kuat

Masjid Cheng Ho Palembang Gaya Arsitektur Tionghoa, Tanda Akulturasi yang Kuat

Masjid Masjid Cheng Ho Palembang Gaya Arsitektur Tionghoa, Tanda Akulturasi yang Kuat.-Foto/Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Masjid Cheng Ho, juga dikenal sebagai Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho, terletak di Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu Satu, Palembang.

Masjid ini didirikan oleh Yayasan Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan, dan dinamai sesuai dengan Laksamana Haji Muhammad Cheng Ho dari Cina, seorang panglima perang yang mengunjungi Tanah Sriwijaya.

Dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada tahun 2008, Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur yang khas dengan sentuhan budaya Tionghoa.

Masjid ini telah menjadi salah satu tujuan wisata islami di Kota Palembang. Dengan dua lantai, bangunan masjid ini dapat menampung hingga seribu jamaah.

Rudi Suyanto, salah satu pengurus masjid, menjelaskan bahwa masjid ini menggabungkan unsur-unsur budaya Tionghoa dalam desainnya, menciptakan daya tarik yang unik bagi wisatawan dan jamaah setempat.

Masjid adalah tempat ibadah dan pertemuan bagi umat Muslim. Fungsi masjid sangat penting dalam kehidupan umat Islam dan memiliki beberapa aspek:

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Muncul Sebagai Bank Terkemuka dan Terpercaya dengan Kinerja Unggul dan Layanan Digital

BACA JUGA:Tidak Terlihat Kasat Mata! Kutu Kucing Berbahaya Bagi Manusia.

1. Tempat Ibadah

Fungsi utama masjid adalah sebagai tempat ibadah, terutama salat (shalat). Muslim datang ke masjid untuk melaksanakan salat lima waktu bersama-sama dengan jamaah lainnya. Selain itu, masjid juga menjadi tempat pelaksanaan ibadah-ibadah lain seperti salat Jumat, salat tarawih pada bulan Ramadan, dan salat Idul Fitri dan Idul Adha.

2. Pendidikan Agama

Masjid juga berfungsi sebagai pusat pendidikan agama Islam. Banyak masjid memiliki program-program pengajaran Al-Quran, hadis, fiqh, tafsir, dan ilmu-ilmu agama lainnya. Kegiatan belajar di masjid membantu umat Muslim untuk memahami ajaran agama dan memperdalam pengetahuan mereka.

3. Tempat Pengumpulan Masyarakat

Masjid adalah tempat berkumpulnya masyarakat Muslim. Di sini, mereka dapat berinteraksi, berdiskusi, dan memperkuat tali silaturahmi. Selain itu, masjid juga menjadi tempat untuk mendiskusikan isu-isu sosial, politik, dan keagamaan yang relevan bagi komunitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id