Asik Banget Kunyah Permen Karet, Eh Tapi Sebaiknya Ketahui Masalah dan Manfaatnya

Asik Banget Kunyah Permen Karet, Eh Tapi Sebaiknya Ketahui Masalah dan Manfaatnya

Ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang sering kunyah permen karet dan bagaimana kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar.-Aurélien Dumont-pixabay.com/Aurel_Cham

BACA JUGA:Tarian Tradisional yang Akrab di Komering OKU Timur dan Pemberian Gelar Jajoluk Menurut Kedudukan

Jika permen karet tidak dikunyah dengan benar atau diberikan kepada anak-anak yang terlalu muda, ada risiko tersedak karena tekstur kenyalnya. Ini dapat menjadi bahaya, terutama bagi anak-anak kecil atau orang dengan masalah kesehatan tertentu.

5. Lingkungan

Kemasan permen karet seringkali terbuat dari plastik dan dapat menyumbang pada masalah limbah plastik. Jika kemasan permen karet dibuang sembarangan atau tidak didaur ulang dengan benar, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, terutama di perairan dan lahan.

6. Efek Kesehatan pada Penggunaan Jangka Panjang

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Keragaman Suku Nias Sumatera Utara

Meskipun memakan permen karet secara sporadis mungkin tidak berdampak besar pada kesehatan, penggunaan jangka panjang dan berlebihan mungkin memiliki efek negatif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aspartam, salah satu pemanis buatan yang umum digunakan dalam permen karet, dapat berhubungan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti migrain, gangguan neurologis, dan masalah kehamilan.

7. Manfaat Potensial

Namun, ada beberapa manfaat potensial dari memakan permen karet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet tanpa gula selama sekitar 20 menit setelah makan dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan asam yang dapat merusak enamel gigi.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Tradisi Tayuban Sedekah Bumi

Untuk mengurangi dampak negatif dari memakan permen karet, beberapa langkah pencegahan dapat diambil:

  • Pilihlah permen karet tanpa gula atau permen karet dengan pemanis buatan yang tidak berbahaya.
  • Jangan memberikan permen karet kepada anak-anak kecil atau orang yang berisiko tersedak.
  • Batasi konsumsi permen karet dan selalu mengunyahnya dengan benar.

BACA JUGA:Suasana Desa Rebo: Desanya Orang Tionghoa di Bangka Amoi Kek Akew

  • Jaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi setelah makan atau menggunakan obat kumur antiseptik untuk mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut.
  • Daur ulang kemasan permen karet dan selalu membuangnya dengan benar agar tidak mencemari lingkungan.

Dalam rangka memanfaatkan manfaat potensial dari memakan permen karet dan mengurangi dampak negatifnya, penting bagi kita untuk mengatur konsumsi dengan bijaksana dan memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan kita.

Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan berusaha untuk mengurangi limbah plastik yang dihasilkan dari kemasan permen karet.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber