Asik Banget Kunyah Permen Karet, Eh Tapi Sebaiknya Ketahui Masalah dan Manfaatnya

Asik Banget Kunyah Permen Karet, Eh Tapi Sebaiknya Ketahui Masalah dan Manfaatnya

Ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang sering kunyah permen karet dan bagaimana kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar.-Aurélien Dumont-pixabay.com/Aurel_Cham

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Makan atau kunyah permen karet (chewing gum) adalah kebiasaan yang umum di seluruh dunia.

Permen karet memiliki tekstur kenyal dan rasa yang bervariasi, dan banyak orang menikmatinya sebagai camilan atau untuk meredakan stres.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang sering kunyah permen karet dan bagaimana kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar.

1. Komposisi Permen Karet

BACA JUGA:Memahami Beauty Attitude, Keindahan dari Dalam dan Luar

Permen karet umumnya terdiri dari berbagai bahan, seperti gula, sirup jagung, gula alkohol, pengatur rasa, pewarna, pengemulsi, dan bahan pemanis buatan. Beberapa permen karet juga mengandung bahan tambahan, seperti vitamin atau ekstrak tumbuhan.

2. Efek Pada Gigi

Salah satu dampak paling umum dari memakan permen karet adalah efeknya pada gigi. Permen karet mengandung gula dan gula alkohol, yang dapat menyebabkan pembentukan plak dan kerusakan gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

Selain itu, gula yang ada dalam permen karet dapat merangsang pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan pembentukan asam dan kerusakan enamel gigi.

BACA JUGA:Pemilik Mobil Manual Jangan Lalai Ganti Oli Transmisi!

3. Masalah Pencernaan

Beberapa jenis permen karet mengandung sorbitol atau manitol, yang merupakan gula alkohol yang tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh.

Konsumsi berlebihan dari gula alkohol ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan perut kembung pada beberapa orang yang lebih sensitif.

4. Risiko Tersedak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber