Mengenal Lebih Dekat Keragaman Suku Nias Sumatera Utara

Mengenal Lebih Dekat Keragaman Suku Nias Sumatera Utara

Mengenal Lebih Dekat Keragaman Suku Nias Sumatera Utara.--Youtube/@PGSD KAMPUS 3 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Suku Nias adalah kelompok masyarakat asli Pulau Nias. Salah satu cirinya yang mencolok adalah panggilan untuk diri mereka yaitu Ono Niha, yang bermakna sebagai anak manusia.

Namun, apa saja ciri khas khas dari Suku Nias asli Pulau Sumatera ini? Anda bisa menemukan penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Ciri Khas Suku Nias

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Suku Nias merupakan sekelompok masyarakat yang bermukim di Pulau Nias, bagian dari Sumatera.

BACA JUGA:Fakta atau Mitos : Orang sering makan Pindang Palembang Pintar

BACA JUGA:Wajib Coba! Ide Hadiah Lomba 17 Agustus 2023 yang Hemat Biaya

Sama seperti suku-suku lainnya, masyarakat Nias juga memiliki ciri-ciri khasnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh Suku Nias.

1. Ciri Fisik

Ciri pertama yang mencolok dari Suku Nias adalah ciri fisiknya. Ciri-ciri ini meliputi rambut berwarna hitam, wajah berbentuk oval, postur tubuh yang cenderung sedang hingga tinggi, dan kulit berwarna putih.

Ciri-ciri ini membuat anggota masyarakat Nias relatif mudah dikenali. Meskipun memiliki kulit putih seperti orang Tionghoa, mata mereka tidak berbentuk sipit dan ukurannya normal.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Tradisi Tayuban Sedekah Bumi

BACA JUGA:Suasana Desa Rebo: Desanya Orang Tionghoa di Bangka Amoi Kek Akew

2. Kepercayaan

Pada masa sekarang, mayoritas masyarakat Nias menganut agama Injil. Namun, di masa lalu, mereka memiliki keyakinan sendiri yang disebut sebagai palebegu atau fanambo adu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber