Mengenal Lebih Dalam Beragam Keunikan Suku Dayak

Mengenal Lebih Dalam Beragam Keunikan Suku Dayak

Mengenal lebih dalam beragam keunikan Suku Dayak --Instagram @suku_dayak

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia terkenal akan negara yang memiliki kekayaan alam begitu melimpah. Kekayaan yang dimiliki Indonesia pada dasarnya tidak hanya dari bentuk sumber daya alam saja tetapi dari sumber daya manusianya, kekayaan akan budaya dan adat-istiadatnya, kekayaan akan sarana dan prasarananya, makanan khasnya, tradisinya serta perbedaan yang disimbolkan dengan Bhineka Tunggal Ika.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki pengertian yaitu walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Semoyan ini menggambarkan masyarakat Indonesia yang memiliki perbedaan baik dari agama, budaya, tradisi, ras, suku, dan lain sebagainya.

Indonesia dengan keberagamannya menjadikan suku yang ada di Indonesia sangatlah tersebar luas salah satunya adalah Suku Dayak

Suku Dayak merupakan salah satu ras yang terletak di pulau Kalimantan. Pada dasarnya Dayak adalah sebutan bagi masyarakat yang mendiami wilayah Kalimantan. Uniknya, Suku Dayak ini sebenarnya berasal dari Kalimantan , akan tetapi suku ini tersebar luas sampai ke Sabah dan Serawak di negara Malaysia. 

BACA JUGA:Keindahan Parai Beach yang Mempesona

BACA JUGA:Zenly, Aplikasi Pelacak Lokasi Teman Dihapus, Mengapa Ya?

Konon katanya menurut sejarah yang ada, sebelum dihancurkan oleh Kerajaan Majapahit suku ini sempat mendirikan sebuah Kerajaan. Dengan hancurnya kerajaan yang dibuat oleh masyarakat Suku Dayak ini pada akhirnya membuat masyarakat Suku Dayak merasa terdesak dan terpencar.

Masyarakat Suku Dayak sebagian besar terpencar sehingga menyebabkan mereka ada yang mengubah indentitas menjadi orang Melayu atau orang Banjar. Masyarakat yang mengubah identitas menjadi orang Banjar dan Melayu sebagian besar memeluk agama islam, sedangkan sebagiannya lagi yang tidak memeluk islam Kembali masuk ke pedalaman Kalimantan dengan menyusuri sebuah sungai.

Suku Dayak ini  Terdapat setidaknya 405 sub-sub suku yang masing-masing mempunyai karakteristik dan keunikan adat serta budaya tersendiri pada Suku Dayak ini. Masyarakat Dayak sangat menjunjung tinggi adat dan istiadatnya. Salah satu adat-istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini yaitu upacar tiwah yang merupakan upacara untuk mengantarkan orang yang telah meninggal ke Sandung yang telah dibuat.

Konon kata masyarakat Kalimantan, Suku Dayak pernah disebut-sebut berasal dari sebuah daratan China. Mereka merupakan anggota kerajaan yang mengalami kekalahan dan mencari tempat aman hingga sampai di Pulau Kalimantan.

Adapun beberapa fakta-fakta menarik dari suku Dayak yang jarang kita semua ketahui:

Keunikan pertama yang terdapat pada Suku Dayak ini adalah Rumah Adat. Rumah adat suku Dayak biasanya dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama rumah Betang. Arsitektur yang terdapat pada rumah adat ini mirip dengan rumah panggung, yang mempunyai ketinggian mencapai 5 meter jika diukur dari permukaan tanah.

Keunikan kedua dari suku Dayak ini datang dari para gadis yang berada di suku Dayak ini. Hal ini dikarenakan gadis yang mendiami suku Dayak terkenal akan kecantikannya. Bahkan, tidak jarang ada sebagian gadis yang mempunyai paras seperti orang Tionghoa. 

BACA JUGA:Tips Memelihara Kucing di Rumah Agar Rumah Tetap Bersih dan Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: