Manis Gula Tak Sepadan Dengan Efek Buruknya Bagi Kesehatan! Mulailah Kurangi Gula

Manis Gula Tak Sepadan Dengan Efek Buruknya Bagi Kesehatan! Mulailah Kurangi Gula

Makanan dan minuman manis banyak disukai. Namun manisnya gula tak sepadan dengan efek buruk bagi kesehatan.-pexel.com-

PALEMBANGM, PALTV.CO.ID,- Di zaman yang serba modern ini, siapa yang tidak suka makanan atau minuman manis? Rasanya hampir semua orang menyukai makanan atau minuman manis dan itu tidak mengherankan.

Rasa manis gula yang nikmat pada makanan dan minuman biasanya berasal dari kandungan gula. Ketika kita mengkonsumsi gula, tubuh mendapatkan zat glukosa yang berasal dari gula tersebut, dan glukosa ini disimpan dalam tubuh sebagai energi cadangan.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun manis gula memberikan energi, kita harus membatasi asupan gula pada tubuh kita. Jika tidak, kelebihan gula dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Obesitas. Salah satu dampak bahaya dari konsumsi gula berlebih adalah obesitas. Konsumsi minuman yang mengandung fruktosa, seperti soda, jus, dan teh manis, dapat menyebabkan perut cepat lapar.

BACA JUGA:3 Zodiak yang Bakal Punya Mobil Baru Tahun 2023, Gentong Uang Meluber

BACA JUGA:Cara Merawat Ban Serep Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Ini membuat kita merasa ingin makan banyak, terutama makanan yang mengandung karbohidrat. Selain itu, konsumsi fruktosa yang berlebihan juga dapat menyebabkan resistensi terhadap hormon leptin.

Leptin adalah hormon yang berfungsi mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh kita untuk berhenti makan. Dengan resistensi terhadap leptin, tubuh kita mungkin tidak mendapatkan sinyal yang tepat untuk berhenti makan, sehingga kita cenderung makan lebih banyak.

Penyakit Jantung. Konsumsi gula berlebihan juga memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Obesitas akibat konsumsi gula berlebihan menyebabkan timbulnya lemak di beberapa bagian tubuh, termasuk organ dalam. 

Semakin banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh, semakin tinggi risiko penyumbatan pembuluh darah. Ketika lemak masuk ke dalam aliran darah, akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung.

BACA JUGA:Ingin Membentuk Otot Tubuh Melalui Gym, eits jangan Sembarangan Nanti Malah Sia – Sia.

BACA JUGA:10 Olahraga Dahsyat yang Mampu Melawan Tekanan Darah Tinggi secara Instan!

Karies Gigi. Selain dampak pada berat badan dan penyakit jantung, konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi. Sisa-sisa makanan yang mengandung karbohidrat dan gula menempel pada gigi dan menyediakan lingkungan yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak. 

Bakteri ini akan merusak email gigi dan menyebabkan karies gigi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengurangi asupan gula untuk mencegah masalah gigi yang serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber