Menjauhi Ancaman Zat Aditif dalam Makanan untuk Hidup Sehat

Menjauhi Ancaman Zat Aditif dalam Makanan untuk Hidup Sehat

Menjauhi Ancaman Zat Aditif dalam Makanan untuk Hidup Sehat--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Zat aditif, meski bertujuan meningkatkan cita rasa dan daya tahan makanan, ternyata dapat menyimpan risiko potensial bagi kesehatan.

Berbagai zat aditif seperti pengawet, MSG, sirop jagung tinggi fruktosa, pemanis buatan, sodium nitrat, gula, dan garam, sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan optimal.

1. Ancaman Pengawet

Penggunaan zat pengawet pada makanan seperti benzoat, nitrat, dan sulfit dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Studi menyoroti konsumsi berlebih dapat menyebabkan peningkatan risiko oksidasi, kanker, reaksi alergi, dan peningkatan nafsu makan.

BACA JUGA:Komponen Mesin Sepeda Motor Kondisinya Kotor? Inilah 5 Langkah Pengendara Membersihkan Blok Mesin Motor!

2. MSG atau Monosodium Glutamate (MSG)

MSG, yang memberikan rasa gurih pada makanan, dapat menimbulkan efek negatif seperti sakit kepala, keringat berlebih, dan mati rasa. Lebih lanjut, terkait dengan peningkatan risiko kenaikan berat badan dan sindrom metabolik.

3. Sirop Jagung Tinggi Fruktosa

Pemanis ini, umumnya terdapat dalam minuman bersoda, kue, dan permen, memiliki potensi menurunkan fungsi hormon insulin dan meningkatkan risiko obesitas serta tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Ini Link Real Count Pemilu 2024 Resmi KPU dan Tata Cara Melihatnya

4. Pemanis Buatan

Aspartam, pemanis buatan dalam permen karet, sereal, dan minuman bersoda, dapat memicu kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi berlebihan juga terkait dengan gejala depresi pada individu dengan gangguan mood.

5. Sodium Nitrat

Zat ini, digunakan sebagai pengawet, penyedap, dan pewarna pada daging olahan, dapat menghasilkan nitrosamine yang dianggap memicu risiko kanker pada saluran cerna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber