Bulan Pertama Semester Dua 2023, Inflasi Sumsel Naik 0,29 Persen

Bulan Pertama Semester Dua 2023, Inflasi Sumsel Naik 0,29 Persen

Bulan Pertama Semester Dua 2023, Inflasi Sumsel Naik 0,29 Persen -foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Berdasarkan data yang dilansir pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, pada satu bulan pertama di semester kedua tahun 2023, Sumsel terpantau mengalami kenaikan angka Inflasi.

Diterangkan Kepala BPS Sumsel, Moh Wahyu Yulianto, pada Juli 2023 Sumsel terpantau mengalami kenaikan nilai Inflasi sebesar 0,29 persen, sementara untuk Inflasi Kota Palembang sebesar 0,29 persen dan Kota Lubuk Linggau 0,31 persen.

Penyebab kenaikan Inflasi di Sumsel sendiri disebabkan kenaikan harga pakan ternak, yang berpengaruh pada harga daging ayam dan telur di pasaran.

Selain itu, tingginya konsumsi daging sapi saat Idul Adha juga memngaruhi tingkat inflasi.

“Inflasi Sumatera Selatan mengalami kenaikan 0,29 persen. Kemudian untuk Kota Palembang sendiri 0,29 persen da, Kota Lubuk Linggau 0,31 persen.

Tadi ada beberapa catatan yang membuat pada bulan Juli tidak bisa kita hindari ya, salah satu diantaranya pakan ternak.

BACA JUGA:Ringkasan Bab 8 Buku Think And Grow Rich: Perencanaan Teratur Kristalisasi Keinginan Menjadi Tindakan

BACA JUGA:Tren Sekolah Luar Negeri, Alasan Sekolah di Jepang jadi Pilihan

Ternyata masih tinggi, seperti pakan ternak ayam ya, karena harga produksinya tinggi, ya mereka terpaksa harus menaikan harga ayam, dan harga telur.” Terang Kepala BPS Sumsel, Moh Wahyu Yulianto.


Bulan Pertama Semester Dua 2023, Inflasi Sumsel Naik 0,29 Persen.-foto/Sandy Pratama-PALTV

Berdasarkan data  kelompok pengeluaran yang menjadi penyumbang Inflasi tertinggi di Sumsel, antara lain transportasi sebesar 10,58 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar  4,02 persen, kelompok pendidikan sebesar 3,89 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman, restoran sebesar 2,69 persen.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id