Hindari hoax! Selektif Pilih Informasi Jika Tak Ingin Salah Kaprah

Hindari hoax! Selektif Pilih Informasi Jika Tak Ingin Salah Kaprah

Menggunakan media sosial harus cerdas. Hindari informasi hoax.- danielalbarie-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Menghindari hoax yang beredar di masyarakat memerlukan sikap kritis dan kehati-hatian dalam menerima informasi.

Sebagai kaum milenial di era digital jaman sekarang harus pandai dan lebih selektif lagi dalam menerima informasi yang beredar di masyarakat. Berikut kiat yang berguna agar tidak termakan informasi hoax:

1. Verifikasi sumber informasi: Pastikan Anda memeriksa kebenaran informasi sebelum mempercayainya. Periksa apakah sumbernya terpercaya, seperti situs disway.id/listtag/1097/berita">berita yang kredibel, organisasi resmi, atau pakar di bidang tersebut.

Jika informasi berasal dari media sosial, cari tahu apakah telah dikonfirmasi oleh sumber-sumber terpercaya sebelum membagikannya.

BACA JUGA:Usia Anda Sebentar Lagi 30 tahun? Wajib Baca Ini Sebelum Terlambat

BACA JUGA:Liburan ke Luar Negeri tanpa Harus Merogoh Kocek terlalu Dalam

2. Periksa kebenaran informasi: Jika Anda menerima klaim yang tidak biasa atau kontroversial, lakukan penelitian sendiri untuk mencari kebenarannya. Gunakan mesin pencari dan periksa apakah ada laporan atau artikel dari sumber yang terpercaya yang mendukung atau membantah klaim tersebut. 

Jangan hanya mengandalkan satu sumber informasi, melainkan periksa beberapa sumber yang berbeda untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap.

3. Tinjau fakta-fakta yang ada: Cari tahu apakah klaim tersebut didukung oleh fakta-fakta yang valid. Biasanya hoax mengandung klaim yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah atau tidak didukung oleh bukti yang jelas.

Perhatikan apakah ada bukti yang dapat diverifikasi, data statistik yang valid, atau penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

BACA JUGA:5 Tipe Orang yang Perlu Dijauhi untuk Meraih Kesuksesan

BACA JUGA:Cara Membedakan Benjolan Kelenjar Getah Bening yang Jinak dan Ganas, Pengetahuan Penting untuk Kesehatan Anda

4. Pertimbangkan niat di balik informasi: Beberapa hoax dapat disebarkan dengan tujuan tertentu, seperti mempengaruhi pendapat publik atau menciptakan kebingungan.

Tinjau apakah informasi tersebut mungkin memiliki motif tersembunyi atau kepentingan tertentu di baliknya. Waspadai informasi yang terlalu sensasional atau memiliki nada emosional yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber