Perkembangan Musik Gambus di Palembang

Perkembangan Musik Gambus di Palembang

Perkembangan musik gambus di palembang--koleksi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gambus merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Namun, Gambus juga telah menjadi bagian penting dalam budaya musik di beberapa daerah di Indonesia, termasuk PALEMBANG.

Di Palembang, gambus sering dimainkan dalam berbagai kesempatan, seperti pernikahan, acara adat, dan pertunjukan seni.

Alat musik ini biasanya dimainkan oleh kelompok musik Gambus yang terdiri dari beberapa pemain yang menggunakan gambus sebagai instrumen utama. Pemain gambus biasanya juga akan menyertai nyanyian dengan melodi yang indah.

Gambus di Palembang biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam permainannya. Gaya dan pola permainan gambus ini bisa berbeda dengan gambus dari daerah lain di Indonesia atau Timur Tengah.

BACA JUGA:Menemukan Ketenangan Sejati: Keajaiban dan Inspirasi di Balik Pintu Masjid

BACA JUGA:Dibalik Kemegahan Masjid Al Haddad 14 Ulu. Inilah Sejarahnya Perlu Diketahui Wong Palembang


El Corona Feat As syabab di Palembang--Foto : Screenshot Youtube

Beberapa penyesuaian dilakukan agar gambus dapat mengiringi jenis musik tradisional atau lagu-lagu khas daerah Palembang.

Gambus pertama kali masuk ke kota Palembang pada tahun 1975 yang saat itu salah satu gambus di kota Palembang yang bernama Al Hidayah, sejalan perkembangan jaman  pada Tahun 1997 muncul gambus gambus lain yang pesat perkembangannya.

Diantara nya adalah Gambus Al rakse , Al Husni, Al Mubarok dan  Gambus As Syabab yang saat ini masih tetap bertahan dari tahun 1997 sampai saat ini dari generasi ke generasi. 

Adapun latar belakang sejarah terbentuknya Gambus As Syabab adalah dari sebuah perkumpulan seni Hajir Marawis, Syarofal anam, di saat itu.

BACA JUGA:Pesona Kampung Arab Al Munawar, Wisata Religi di Palembang

BACA JUGA:Mencicipi Kuliner Ala Orang Arab di Kampung Arab Al-Munawar Palembang

Timbul beberapa Ide atau gagasan untuk membentuk Gambus walaupun pada saat itu dengan alat yang masih minim. Bertekad Tekad,niat dan kerja keras akhir nya terbentuklah Gambus Palembang As Syabab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber