Sering Kesulitan Tidur atau Insomnia? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sering Kesulitan Tidur atau Insomnia? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insomnia atau penyakit sulit tidur, dapat diatasi. Kenali gejala dan cara mengatasi agar hidup tetap sehat secara fisik dan mental.-- pixabay-filmstax

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Insomnia adalah gangguan tidur yang umum dijumpai di berbagai kalangan masyarakat. Gangguan ini ditandai dengan kesulitan tidur, sulit terlelap. Padahal niat untuk tidur sangat besar.

Namun, berjam-jam mata tetap segar, padahal waktu tidur sudah terlewatkan. Meskipun ada rasa kantuk, namun pikiran tetap menerawang dan mata sulit diajak untuk terpejam.

Hal ini menyebabkan penderitanya kesulitan atau tidak dapat tidur sama sekali. Akhirnya berdampak pada kesehatan fisik maupun mental penderitanya. Seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, mudah merasa lelah, kurang fokus, serta gangguan kecemasan dan stres.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan insomnia, baik secara fisik maupun psikologis. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa penyebab utama insomnia dan memberikan panduan mengenai bagaimana cara mengatasi gangguan tidur ini.

 BACA JUGA:Jane Birkin: Meninggal Dunia, Kisah Inspiratif di Balik Tas Hermes yang Abadi

BACA JUGA:Kaki Terlihat Cantik! Tapi Ini Bahaya Sering Menggunakan High-Heels

1. Stres dan Kecemasan

Salah satu penyebab utama insomnia biasanya adalah stres dan rasa cemas yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Tekanan pekerjaan, masalah keuangan, konflik interpersonal, atau masalah kesehatan dapat memicu perasaan yang membuat sulit untuk rileks dan tidur dengan nyenyak.

Solusi: Mengelola stres dan kecemasan adalah langkah penting untuk mengatasi insomnia. Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau terapi perilaku kognitif dapat membantu meredakan pikiran yang cemas dan mempromosikan tidur yang lebih baik.

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

BACA JUGA:Jangan Minder Makan Kabau! Meski Bau Menyengat Namun Kaya Manfaat

BACA JUGA:Ciptakan Alat Pencari Korban Di dasar Air Asal Palembang, Dilirik Negara Tetangga Bahkan Rusia

Kebiasaan hidup yang tidak sehat dapat menjadi faktor penyebab insomnia. Konsumsi kafein berlebihan, merokok, dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur alami seseorang. Selain itu, kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan masalah tidur.

Solusi: Mengadopsi gaya hidup yang sehat sangat penting untuk mengatasi insomnia. Mengurangi konsumsi kafein dan alkohol, berhenti merokok, menjaga rutinitas tidur yang konsisten, dan berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber