Ini yang Dilakukan Pertamina untuk Pemulihan Sungai Kelekar di Prabumulih

Ini yang Dilakukan Pertamina untuk Pemulihan Sungai Kelekar di Prabumulih

Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field membersihkan Sungai Kelekar dari tumpahan minyak mentah.--Humas Pertamina

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Tumpahan minyak mentah yang terjadi beberapa hari yang lalu, mengancam keberlangsungan hidup ekosistem Sungai Kelekar dan sempat berpengaruh terhadap sumur warga.

Namun, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field  dengan cepat merespons kejadian tersebut dan segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk membersihkan Sungai Kelekar.

Proses pembersihan Sungai Kelekar yang terdampak rembesan minyak dari pipa yang rusak di Kelurahan Karang Raja RT 06 RW 02 Kelurahan Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan, telah mencapai 80%, pada hari kelima, Kamis, 13 Juli 2023.

Untuk menanggulangi Sungai Kelekar yang tercemar, Tim PKD menurunkan 146 personil yang dibagi ke delapan lokasi yakni Kelurahan Majasari, Karang Raja Hulu, Karang Raja Tengah, Kaca Piring, Muara Dua, Muara Dua Barat, Sindur dan Pangkul.

BACA JUGA:Air Sumur Tercemar Minyak Mentah dan Bau, Balita di Prabumulih Terpaksa Mandi Air Galon

BACA JUGA:Minyak Mentah Cemari Sungai Kelekar, Walikota Surati Pertamina Pusat


Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field sedang memperbaiki kebocoran pipa minyak di Sungai Kelekar, Prabumulih.--Humas Pertamina

Dalam proses pembersihan, petugas menggunakan metode khusus dengan melakukan pembersihan aliran sungai di wilayah hilir, penembakan air untuk mempercepat pembersihan minyak dalam tanah di titik rembesan, penyisiran pada bibir sungai sampai ke hulu menggunakan oil boom, serta pembersihan secara manual.

Jemy Oktavianto, Senior Manager PEP Prabumulih Field, mengungkapkan apresiasi atas kerja cepat yang dilakukan oleh tim PKD PEP Prabumulih Field, yang turut dibantu oleh masyarakat bantaran Sungai Kelekar serta pemangku kepentingan terkait.

“Alhamdulillah, atas upaya dan gerak cepat Tim PKD, serta berkat dukungan dari masyarakat, insiden rembesan pipa ini dapat cepat teratasi,” ujar Jemy.

Jemy menambahkan, tim PKD PEP Prabumulih Field akan terus melanjutkan upaya pembersihan minyak mentah akibat rembesan dari pipa rusak.

BACA JUGA:Kembali ke Pelukan Lama: 8 Kiat Sukses saat Balikan dengan Mantan

BACA JUGA:Ringkasan Bab 2 Buku Riches and Poverty: Pendapatan Nasional


Perbaikan kebocoran pipa minyak di Sungai Kelekar oleh Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field.--Humas Pertamina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber