Dibikin Begini Bisa Ketagihan Deh Makan Singkong

Dibikin Begini Bisa Ketagihan Deh Makan Singkong

Singkong dapat diolah menjadi makanan dengan berbagai variasi.-KavindaF-pixabay.com/KavindaF

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Singkong adalah salah satu jenis tanaman dan bahan makanan yang populer di Indonesia, bahkan dikenal di seluruh dunia. Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan hingga makanan utama.

Singkong termasuk dalam kategori umbi-umbian atau umbi akar. Singkong adalah jenis umbi-umbian yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok karena mengandung berbagai macam nutrisi, karbohidrat, protein, lemak, serat, dan lain sebagainya.

Yang dimaksud dengan umbi akar adalah umbi yang terbentuk dari pembesaran atau pembengkakan akar yang berisi cadangan makanan. Contohnya singkong, wortel, lobak, dan lain sebagainya.

Singkong sendiri memiliki sejarah. Mengutip historia.id dalam “Akar Sejarah Singkong”, singkong (Manihot Utilisima) disebut juga sebagai ubi kayu atau ketela pohon. Berasal dari Amerika Selatan yang tumbuh liar di hutan-hutan. Lalu kemudian bangsa atau penjelajah Portugis menyebarkan tanaman ini ke seluruh dunia.

BACA JUGA:Anti Mainstream: Tanjak Alat Musik Instrumental untuk Musik Eksperimental

BACA JUGA:Wah Begini Bikin Kue Lumpang Khas Palembang, Coba Ah!

Menurut Haryono Rinardi dalam “Politik Singkong Zaman Kolonial” dimuat historia.id, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekitar abad keenambelas. Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa. Tanaman ini dapat dipanen sesuai kebutuhan.

Di sisi lain, perkembangan singkong di dunia kuliner mulai mengalami banyak perubahan. Beragam variasi makanan dibuat dengan menarik dan unik berbahan dasar singkong. Di zaman milenial ini, makanan singkong masih banyak digemari oleh masyarakat.

Selain itu, singkong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Seperti yang diuraikan dalam “5 Resep Makanan Singkong Kekinian yang Mudah Dibuat” dimuat makananoleholeh.com, manfaat singkong bagi kesehatan seperti mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kesehatan otak.

Lalu, variasi makanan macam apa saja yang bisa diolah dari singkong dan bagaimana cara membuat? Tenang, semua itu ada solusinya. Masih dari artikel berjudul "5 Resep Makanan Singkong Kekinian yang Mudah Dibuat" dimuat laman makananoleholeh.com, inilah resep masakan singkong yang unik dan menarik.

BACA JUGA:Rayakan Imlek dengan Sajikan Kue Keranjang Goreng? Begini Cara Bikinnya

BACA JUGA:Cara Membuat Kue Gandus Khas Palembang, Pahami Resepnya

1. Singkong Goreng Keju. Resep ini sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu menggoreng singkong yang sudah dipotong-potong, lalu taburi dengan Keju parut. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain seperti garam, merica dan lada.

2. Singkong Bakar. Resep ini juga mudah dibuat. Anda hanya perlu mengiris singkong menjadi potongan-potongan kecil, lalu bakar di atas bara api. Anda bisa menambahkan bumbu seperti garam, merica, dan lada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber