Gastritis: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Gastritis: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Penyebab sakit Maag--Gambar : freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sakit maag, yang juga dikenal sebagai gastritis atau gangguan pencernaan, adalah kondisi yang umum terjadi di mana lapisan lambung mengalami peradangan atau iritasi.

Ini bisa menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti nyeri perut, mual, muntah, perut kembung, dan rasa terbakar di ulu hati. Sakit maag dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang dan dapat memerlukan penanganan yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan pengobatan sakit maag.

Penyebab Sakit Maag:

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu ! Berikut ini Makanan Yang Harus Dihindari oleh Penderita Maag

BACA JUGA:Bukan Sekedar Rempah, Kunyit Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Terutama untuk Fungsi Otak dan Sakit Maag

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit maag. Salah satu penyebab umum adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri ini dapat merusak lapisan pelindung lambung dan menyebabkan peradangan.

Selain itu, konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan memicu sakit maag.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, stres, serta pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan sakit maag.

Gejala Sakit Maag:

BACA JUGA:Hati-Hati Meningitis! Kenali 8 Gejala dan Dampaknya

BACA JUGA:Waspadai 10 Buah Tinggi Gula yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes!

Gejala sakit maag dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan setiap orang mungkin mengalami gejala yang berbeda-beda. Gejala umum yang biasa dialami termasuk nyeri perut, terutama di bagian atas perut, rasa terbakar di ulu hati, perut kembung, mual, muntah, atau bahkan kehilangan nafsu makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber