Waspadai 10 Buah Tinggi Gula yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes!

Waspadai 10 Buah Tinggi Gula yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes!

Buah-buahan memang bagus buat kesehatan. Namun bagi penderita diabetes tidak semua buah boleh dimakan. -- instagram.com/@ rachellmukyun

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Diabetes merupakan penyakit yang serius dan ditakuti jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu faktor yang sangat penting dalam mengelola Diabetes adalah dengan mengendalikan asupan gula, termasuk dalam konsumsi buah-buahan

Buah-buahan ini harus dibatasi oleh penderita diabetes, meskipun masih dalam kadar gula darah yang belum melebihi ambang batas bahaya.

Meskipun buah-buahan umumnya dianggap sehat, tidak semua buah cocok untuk penderita diabetes karena kandungan gula yang sangat tinggi. Berikut ini adalah 10 buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes:

1. Pisang: Pisang adalah buah yang sangat enak dan sering kita konsumsi sehari - hari, tetapi buah pisang ini mengandung banyak gula. Sebuah pisang ukuran sedang dapat mengandung sekitar 14 gram gula. Penderita diabetes sangat disarankan untuk membatasi memakan atau konsumsi pisang agar tidak mengganggu kadar gula darah dalam tubuhnya.

BACA JUGA:Bencana Banjir dan Longsor Melanda Agam dan Padang Pariaman, 2 Warga Dilaporkan Hilang

BACA JUGA:Tragedi di Padang: Dua Balita Meninggal Setelah Tertimbun Longsor

2. Mangga: Mangga adalah buah tropis yang sangat lezat dan banyak orang menyukainya, tetapi buah mangga ini mengandung banyak gula. Sebuah mangga ukuran sedang dapat mengandung sekitar 45 gram gula. Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi mangga ini dalam jumlah yang berlebihan.

3. Anggur: Meskipun anggur kaya akan antioksidan, tapi buah ini juga tinggi kandungan gulanya. Satu sebutir anggur dapat mengandung sekitar 16 gram gula. Penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi buah anggur ini agar gula darah tetap terkendali.

4. Semangka: Semangka adalah buah yang sangat segar, tetapi mengandung gula yang cukup tinggi. Sebuah irisan semangka dapat mengandung sekitar 6 gram gula. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi semangka dengan bijak dan dalam jumlah yang terbatas.

5. Buah kering: Buah kering seperti kismis, kurma, dan aprikot dapat mengandung konsentrasi gula yang tinggi. Misalnya, 10 buah kismis mengandung sekitar 29 gram gula. Penderita diabetes perlu berhati-hati dan menghindari konsumsi buah kering ini atau mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat terbatas.

BACA JUGA:Tragedi Mengerikan: TPU di Padang Dilanda Longsor, Sejumlah Mayat Keluar dari Kuburan

BACA JUGA:Viral! Pria Berani Angkat Tandon Raksasa di Atas Air dan Melewati Jembatan Kayu Sempit

6. Buah berkalori tinggi: Buah seperti alpukat dan kelapa ini dapat mengandung lemak yang cukup tinggi dan dapat mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Meskipun mengandung lemak sehat, penderita diabetes sebaiknya untuk membatasi konsumsi buah ini untuk mengontrol asupan kalori dan gula.

7. Durian: Durian adalah buah yang sangatt populer dan banyak di sukai orang di Asia dengan rasa kaya dan sangat unik, tetapi tinggi kandungan gula. Penderita diabetes perlu menghindari durian ini karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang sangat signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber