Tiap Hari Bekerja di Depan Komputer, Pelajari Sejarah Pertama Kali Komputer Ditemukan

Tiap Hari Bekerja di Depan Komputer, Pelajari Sejarah Pertama Kali Komputer Ditemukan

Komputer memainkan peranan penting pada abad internet.--pixabay.com/StartupStockPhotos

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tiap hari manusia bekerja menggunakan komputer. Perangkat komputer yang digunakan saat ini sudah melalui proses transisi dan perkembangan teknologi yang dinamis.

Fungsi dan peran komputer untuk segala aspek kehidupan manusia sangat penting. Lalu, sejak kapan komputer itu ditemukan sehingga peran perangkat ini sangat penting bagi kelancaran pekerjaan manusia.

Sejarah komputer dimulai pada abad ke-19 dengan penemuan beberapa perangkat mekanis awal yang membantu dalam penghitungan dan pemrosesan data. Berikut adalah beberapa moment penting dalam Sejarah komputer:

1. Mesin Analitik Charles Babbage (1837)

BACA JUGA:Lakukan Langkah Ini!. Agar Tas Kulit Kesayangan Anda Tetap Terlihat Bagus dan Awet

BACA JUGA:Tips untuk Menikmati Liburan Tanpa Merusak Kantong Anda

Charles Babbage, seorang matematikawan dan insinyur asal Inggris, merancang dan mengembangkan Mesin Analitik, yang dianggap sebagai leluhur komputer modern. Mesin ini menggunakan kartu berlubang untuk memasukkan instruksi dan data, serta memiliki unit aritmatika dan unit kontrol.

2. Mesin Tabulasi Herman Hollerith (1890)

Pada akhir abad ke-19, Herman Hollerith menciptakan mesin tabulasi, yang digunakan untuk memproses dan menganalisis data sensus. Mesin ini menggunakan kartu punch dan elektromekanik untuk melakukan penghitungan secara otomatis.

3. Komputer Elektronik Awal (1940-an)

BACA JUGA:Tips Perawatan Granit: Mempertahankan Kecerahan dan Kekuatan Permukaan untuk Tampilan Elegan

BACA JUGA:OW! Skin Gratis Genshin Impact, Begini Cara Mendapatkannya!

Pada tahun 1940-an, komputer elektronik pertama mulai dikembangkan. Salah satu yang terkenal adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dibangun oleh J Presper Eckert dan John Mauchly pada tahun 1945.

Komputer ini menggunakan tabung vakum untuk melakukan perhitungan dan merupakan salah satu komputer terawal yang dapat diprogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber