Anti Mainstream, Ide Olahan Daging Kurban Mulai Tengkleng Kambing hingga Mercon

Anti Mainstream, Ide Olahan Daging Kurban Mulai Tengkleng Kambing  hingga Mercon

Ide Olahan Daging Kurban.-saesherra-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Berikut adalah beberapa ide olahan dari daging kurban mulai dari mercon hingga tengkleng kambing:

1. Mercon atau Sate Daging

Potong daging menjadi kecil-kecil dan tusukkan pada tusuk sate. Marinate daging dengan bumbu rempah seperti bawang putih, jahe, merica, ketumbar, dan garam. Panggang di atas bara api atau panggangan sampai matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan dengan bumbu kacang atau saus sate.

2. Gulai Kambing

Rebus daging kambing dengan santan, bumbu rempah seperti lengkuas, daun jeruk, serai, bawang merah, bawang putih, jahe, merica, kunyit, garam, dan gula. Masak hingga daging empuk dan kuah mengental. Gulai kambing biasanya disajikan dengan nasi hangat.

3. Rendang Kambing

Potong daging menjadi potongan kecil dan rebus hingga empuk. Tumis bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, lengkuas, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, dan daun salam. Tambahkan santan dan masak hingga santan mengering dan bumbu meresap ke dalam daging. Rendang kambing biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat.

BACA JUGA:Pindang Tulang, Gurih, Asam, dan Pedas Menggugah Selera

BACA JUGA:Mana Lebih Baik, Berkurban dengan Hewan Berjenis Kelamin Jantan atau Betina?

4. Sop Kambing

Rebus potongan daging kambing dengan air bersama bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun bawang, daun seledri, merica, garam, dan kaldu sapi. Masak hingga daging empuk dan kuah menjadi gurih. Sajikan sop kambing dengan nasi atau roti.

5. Tengkleng Kambing

Tengkleng adalah masakan khas Solo yang menggunakan daging kambing. Potong daging menjadi potongan kecil dan rebus dengan air bersama bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, serai, daun jeruk, dan daun salam. Tambahkan santan dan masak hingga daging empuk dan kuah mengental. Tengkleng kambing biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan kerupuk.

Itulah beberapa ide olahan dari daging kurban mulai dari mercon hingga tengkleng kambing. Selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber