Hati-Hati Jebakan! 7 Mobil Bekas Murah dengan Perawatan yang Bisa Bikin Kantong Boncos

BACA JUGA:Gak Cuma Gaya, Motor Matic 2025 Ini Punya Fitur Canggih Setara Mobil Mewah!
5. Toyota Alphard Gen 1 (2004–2010)
Alphard memang simbol kemewahan. Kini, generasi pertamanya bisa dibeli dengan harga mulai Rp100 jutaan.
Tapi, perlu diingat: ini tetap mobil mewah. Maintenance-nya mahal, apalagi jika fitur seperti power sliding door bermasalah—motor penggeraknya bisa sampai jutaan rupiah.
Overhaul transmisi bisa menghabiskan biaya Rp15 jutaan. Bahkan servis rutin saja sudah cukup menyiksa dompet.
6. Toyota Camry XV40/XV50
Mobil sedan mewah ini dulunya digunakan pejabat dan saat ini bisa dibeli di harga Rp100–200 jutaan. Namun, biaya perawatan setara Alphard.
BACA JUGA:Dua Pemberi Suap Proyek Pokir DPRD OKU Dituntut 2 tahun dan 2,6 tahun penjara oleh Jaksa KPK
BACA JUGA:Motor Matic 2025 Kini Punya Fitur Charger HP, Gak Takut Lowbat di Jalan!
Shockbreaker belakang sering rusak (Rp3 jutaan), rack steer rentan bermasalah (bisa Rp10 juta), serta komponen elektronik seperti MAF sensor, TPS, dan AC climate control yang rewel.
Banyak unit bekasnya merupakan mobil fleet atau dinas yang sering telat servis, jadi kondisinya sering sudah “lelah”.
7. Nissan X-Trail T32
Dengan desain modern dan harga bekas sekitar Rp150 jutaan, X-Trail generasi ini memang menggoda. Namun, transmisi CVT-nya terkenal ringkih. Sekali rusak, biaya servisnya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.
Komponen elektrikalnya pun sensitif, kadang perlu ganti modul atau melakukan riset panjang untuk memperbaiki. Spare part juga mahal dan sulit didapat.
Kesimpulan: Murah di Depan, Boncos di Belakang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: youtube fuse box