Mobil Matic Anda Mogok Jangan Ditarik..!!! Mitos atau Fakta?

Mobil Matic Anda Mogok Jangan Ditarik..!!! Mitos atau Fakta?

mobilmatic mogok, sebaiknya jangan ditarik. Beberapa hal kemungkinan terjadi, termasuk merusak kopling fluida--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pengguna mobil matic sering mengalami mogok saat di perjalanan. mobil matic (otomatis) yang mogok biasanya tidak boleh langsung ditarik. Kenapa? Ada bebarapa alasan dan penjelasannya.

Berkendara dengan mobil matic, tiba-tiba mogok. Ada beberapa tindakan yang biasanya dilakukan ketika terjadi masalah mogok pada mobilmatic. Sering kali mobil dinaikan ke truk gendong (towing).

Namun ada juga yang menarik mobil ini untuk menuju ke bengkel. Umumnya pengguna mobil matic lebih memilih menarik mobilnya dari pada menaikan mobil maticknya ke truk gendong. 

Menarik mobil matic dapat merusak kopling fluida karena saat mobil ditarik, kopling fluida bergerak searah planetary gear unit di transmisi matic dipaksa berputar disaat mesin mati akan menyebabkan slag.

BACA JUGA:SFC Pindah Kandang Dari GSC Ke Bumi Sriwijaya

BACA JUGA:Anak di Palembang Bakar Rumah Orang Tuanya Sendiri Berhasil Diamankan

Berikut beberapa alasan potensial, sehingga tidak disarankan untuk manarik mobil matic :

1. Sistem Transmisi: Mobil matic menggunakan sistem transmisi yang kompleks, yang terdiri dari komponen-ko mponen seperti kopling, torque converter, dan gigi transmisi. Jika mobil mogok saat dalam posisi tertentu, seperti dalam gigi tertentu atau dalam keadaan transmisi yang rusak, menarik mobil secara paksa dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem transmisi.

2. Risiko Kerusakan Tambahan: Mobil mogok mungkin memiliki masalah mekanis yang belum diketahui, dan menarik mobil secara paksa dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada komponen-komponen lain, seperti suspensi, sistem rem, atau bagian-bagian lain yang sensitif terhadap gaya tarikan yang kuat.

3. Keamanan: Menarik mobil yang mogok secara paksa dapat menyebabkan risiko kecelakaan atau cedera bagi pengemudi, penumpang, atau orang di sekitar. Mobil mogok mungkin tidak dapat dikendalikan dengan baik, sehingga menariknya bisa menjadi tindakan berisiko tinggi.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan Utsmanniyah! Terbesar di Dunia dan Bertahan Selama 6 Abad

BACA JUGA:Gulo Puan, Kudapan Susu Kerbau Khas Para Bangsawan Elit Palembang

Jika mobil matic mogok, sebaiknya Anda menghubungi layanan derek atau bengkel otomotif yang berpengalaman.

Mereka akan dapat memberikan solusi yang tepat, seperti mengirim teknisi untuk memeriksa masalah dan memutuskan langkah selanjutnya yang harus diambil agar mobil bisa dipindahkan dengan aman tanpa merusak komponen-komponen yang sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber