Gulo Puan, Kudapan Susu Kerbau Khas Para Bangsawan Elit Palembang

Gulo Puan, Kudapan Susu Kerbau  Khas Para Bangsawan Elit Palembang

Gulo puan makanan khas bangsawan Palembang. Terbuat dari susu kerbau dan sudah langka.-- instagram.com / @ariehendrart

PALEMBANG, PALTV.CO.IDGulo Puan atau gula susu merupakan makanan khas kota Palembang zaman dulu. Terbuat dari susu kerbau, Gulo Puan ternyata disukai kaum bangsawan kota Palembang. Sampai sekarang, kesultanan Palembang SMB III, sering menghadirkan Gulo Puan sebagai jamuan khas kota Palembang.

Berbicara mengenai kudapan tradisional, setiap daerah di Indonesia memiliki kudapannya tersendiri. Nah kali ini kita akan membahas mengenai kudapan yang ada di Palembang si Kota pempek, Walaupun julukan Kota Palembang merupak kota Pempek, namun ada kudapan lain yang mungkin saat ini sangat sulit untuk ditemukan.

Menurut beberapa sumber kudapan ini dulunya merupakan kudapan kesukaan Bangsawan elit Kesultanan Palembang Darusallam.

Gulo Puan atau gula susu merupakan kudapan berbahan dasar susu kerbau rawa segar salah satunya dari daerah Pampangan, Ogan Komering Ilir , Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Tips Cara Mendapatkan Harga Murah Saat Berbelanja di Pasar Tradisional

BACA JUGA:Khasiat Daun Dadap Yang Harus Kamu Ketahui

Puan dalam bahasa daerah Sumatera Selatan yang memiliki arti susu, ya sesuai dengan namanya Gulo puan gula yang berbahan dasar susu kerbau, Yang dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lumayan lama, cara membuatnya hampir sama dengan membuat karamel.

Yakni susu kerbau yang sudah disaring dipasankan dengan api sedang di dalam kuali besar. Di aduk terus sampai mengental dan diberi gula. Biasanya gulo puan dimasak di atas tungku kayu seharian dari pagi sampai sore.

Tak seperti halnya karamel, Gulo Puan malah bertekstur lembur dan seperti berpasir dan warnanya juga coklat ke emasan.

Meskipun kudapan ini merupakan makanan tradisional daerah Palembang, Gulo Puan cukup susah untuk didapatkan.

BACA JUGA:Kulit Kendur dan Berkerut!. Ini Dia Penyebab Produksi Kolagen Menurun di Usia 40-an.

BACA JUGA:Ternyata Bunga Edelweis Tidak Boleh Dipetik, Ini Alasannya

Gulo puan bisa ditemukan pada hari Jumat di pelataran Masjid agung kota Palembang. Kudapan ini di jual oleh para pedagang kaki lima. Harganya cukup menguras dompet, sesuai juga dengan julukannya Kudapan Bangsawan Elit harga perkilonya bisa mencapai Rp.120.000,-.

Gulo Puan yang berbahan dasar susu kerbau ini memiliki rasa yang manis dan juga gurih, gulo puan bukan hanya bisa di manfaatkan sebagai kudapan semata. Namun, gulo puan bisa dijadikan teman dari roti tawar ata bisa juga dicampurkan dengan minuman seperti teh ataupun kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber