Optimalisasi KPJR Dorong Kinerja Angkutan KAI Divre III Palembang

Optimalisasi KPJR Dorong Kinerja Angkutan KAI Divre III Palembang

Optimalisasi KPJR Dorong Kinerja Angkutan KAI Divre III Palembang--Foto: dok.PT KAI Divre III Palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Peningkatan kinerja angkutan di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang tidak terlepas dari peran penting Kereta Perawatan Jalan Rel (KPJR) dalam menjaga kualitas dan keselamatan jalur Kereta Api.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan bahwa KPJR merupakan alat berat yang memiliki fungsi vital dalam dunia perkeretaapian, terutama dalam pemeliharaan prasarana jalur.

"KPJR berfungsi untuk mengukur geometri rel, mendeteksi kerusakan, dan melakukan perbaikan jalur guna memastikan keamanan dan kelancaran perjalanan," ungkap Aida.

Ia menambahkan, penggunaan KPJR tidak hanya meningkatkan keselamatan jalur, tetapi juga menekan biaya perawatan melalui pendekatan preventif serta meningkatkan efisiensi operasional kereta api.

BACA JUGA:Cupcake Seharga Jutaan di Kafe, Ternyata Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah!

BACA JUGA:Mobil Listrik Elegan dari Honda, Pilihan Antara Sewa di Indonesia dan Pembelian di Malaysia

Beberapa jenis KPJR yang digunakan antara lain mesin MTT (Multi Tie Tamper) untuk memadatkan batu ballast dan mengatur posisi jalur, serta mesin PBR (Plow Ballast Regulator) yang berfungsi mengatur distribusi batu ballast guna menjaga stabilitas rel.

"Keduanya merupakan teknologi penting yang mendukung pemeliharaan infrastruktur kereta secara optimal," jelas Aida.

Hasilnya, selama Januari hingga April 2025, KAI Divre III Palembang mencatat angkutan barang sebesar 9.186.392 ton, naik 12,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 8.145.291 ton.

Komoditas terbesar berasal dari batu bara sebanyak 8.881.379 ton, disusul pulp 175.350 ton, BBM 124.780 ton, dan komoditas lainnya 4.883 ton.


Optimalisasi KPJR Dorong Kinerja Angkutan KAI Divre III Palembang--foto: dok. PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Di sisi angkutan penumpang, jumlah pelanggan juga meningkat 7,4 persen menjadi 355.419 orang dibanding 330.742 orang pada periode yang sama tahun 2024.

“KAI Divre III Palembang terus berkomitmen menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan dengan mengoptimalkan perawatan jalur rel melalui KPJR sebagai bagian dari upaya mendukung distribusi barang dan pelayanan kepada pelanggan,” tutup Aida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: