Sumsel Masuk Kerawanan Sedang Pemilu 2024

Sumsel Masuk Kerawanan Sedang Pemilu 2024

Pertemuan Kapolda Sumsel dengan Ketua dan empat Komisioner KPU Sumsel, Selasa, 10 Januari 2023.-Firman Hidayat-paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Didampingi empat PJU Polda Sumatera Selatan, Kapolda Sumsel Irjend Pol Albertus Rachmat Widodo mengunjungi KPU Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Pangeran Ratu Jakabaring pada Selasa kemarin, 10 Januari 2023. Kapolda Sumsel dan empat PJU diterima langsung oleh ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin dan empat Komisioner lainnya. 

Dalam kunjungan singkat ini, Kapolda Sumsel sempat diberikan tontonan selayang pandang mengenai wilayah pemilihan yang dibawahi KPU Provinsi Sumsel. 

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel Irjend Pol Albertus Rahmat Widodo mengatakan, kunjungannya ke Kantor KPU Sumsel ini guna melihat dari dekat kerja yang dilakukan KPU Sumsel

Dari peta tingkat kerawan Pemilu 2024, dijelaskan Kapolda bahwa Sumatera Selatan masuk dalam Provinsi tingkat kerawanan sedang."Sumsel masuk dalam tingkat kerawanan sedang. Dan untuk indeks pemilu beberapa dimensi kita terbaik nomor dua hingga nomor lima seindonesia. Ini merupakan prestasi dari KPU Sumsel," ungkapnya.

BACA JUGA:Polda dan Bawaslu Sumsel Akan Sinergi Sukseskan Pemilu 2024

BACA JUGA:Wah! Narkoba Miliaran Rupiah Ludes Diblender

Kapolda Sumsel memberikan apresiasi penuh. "Yang jelas ini bukan kunjungan terakhir. Dan ini kunjungan perkenalan. Kita bersyukur Sumsel bagus. Dan kita harus mempertahankan situasi kondusif," paparnya. Sedangkan kontestasi, menurut Kapolda Sumsel masuk dalam urutan keenam. "Kalaupun ada perseteruan tidak terlalu rawan. Dibandingkan provinsi Jambi, jauh di bawah Sumsel. Jambi urutan kesembilan.

Angka partisipan di Provinsi Sumatera Selatan sendiri diketahui cukup tinggi, artinya memenuhi target. Ini lanjut Kapolda harus dipertahankan apa yang sudah dicapai. "Kita juga minta arahan dari Ketua, Kabag dan Kasubag demi lancarnya pesta demokrasi," ungkapnya.

Untuk internal pengamanan, Polda Sumsel sudah ada ketentuan dan pihaknya juga memiliki sebanyak 14.667 personel. Kapolda juga menjelaskan, meski ada suksesi pemilihan Komisioner KPU Sumsel pada Oktober 2023 mendatang, dia yakin pesta demokrasi akan berjalan dengan lancar. Karena Komisioner KPU Sumsel yang ada saat ini sudah mempersiapkannya secara matang. 

Secara terpisah, Ketua KPU Provinsi Sumsel Amrah Muslimin menjelaskan, Komisioner KPU Sumsel sejauh ini merupakan Komisioner pada satu periode. Artinya dalam proses tahapan habis waktu nanti, semua Komisioner masih bisa mengikuti seleksi KPU Provinsi. "Seleksi dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 mendatang. Dan sesuai tahapan pada tanggal 11 November 2023, yang terpilih akan dilantik," jelas Amrah.

BACA JUGA:7 Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Kamera ETLE

BACA JUGA:Awal Tahun 2023, Harga Ikan Laut Mulai Merangkak Naik 

Namun, sejauh ini menurut Amrah masih dilakukan judicial review tentang pengajuan perpanjangan masa kerja KPU seindonesia, mengingat dekatnya Pemilu 2024 mendatang. Saat ini, menurut Amrah tengah berproses pada Mahkamah Konstitusi (MK). Sekilas, Amrah menjelaskan verifikasi partai politik sudah dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2023. Di mana ditetapkan oleh KPU RI, sebanyak tujuh belas parpol nasional dan enam parpol lokal di Nangroe Aceh, serta tambahan satu parpol yang diloloskan karena ada sengketa di Bawaslu dan ditambah nomor urut 24. 

Juga dijelaskan, KPU sudah melantik anggota PPK dan sudah menjaring anggota PPS yang kini tengah berjalan. Untuk penjaringan PPK dan PPS sendiri melalui sistem CAT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id