Fix!! Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

Fix!! Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh pada 29 Juni 2023

Berdasarkan sidang isbath dari kementrian agama RI dan pihak berwenang, diputuskan hari raya Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023.--instagram.com/@adriansidik_19

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kementerian Agama RI menetapkan  hari Raya Idul Adha 1444 H pada 29 Juni mendatang. Keputusan ini secara mufakat dalam Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kementrian Agama Jakarta yang digelar secara tertutup. Minggu, (18/06/2023).

Pada konferensi pers tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr. H Zainut Tauhid Sa'adi yang didampingi oleh Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Ia menuturkan ada dua faktor yang mendukung keputusan ini yaitu adanya laporan dari Direktur Urusan Agama Islam (Urais) bahwa keberadaan Hilal diatas sudah berada diatas ufuk yang diamati dengan menerapkan kriteria MABIMS. 

Sedangkan per tanggal 29 Zulhijjah 1444 H atau 18 Juni 2023, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara 0° 11,78' (nol derajat sebelas koma tujuh puluh delapan menit) sampai 2° 21,57' (dua derajat dua puluh satu koma lima puluh tujuh derajat menit) dengan sudut elongasi antara 4,39° (empat koma tiga puluh sembilan derajat) sampai 4,93° (empat koma sembilan puluh tiga derajat).

BACA JUGA:Kenalai Ciri-Ciri Hewan Yang Kena Penyakit Rabies

BACA JUGA:FIFA Matchday Indonesia Vs Argentina: Pelatih Lionel Scolani Ganti Penerjemah Saat Jumpa Pers

MABIMS sendiri adalah singkatan dari (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura) yang merujuk ketinggian hilal minimal 3° (tiga derajat) dan Elongasi 6,4° (enam koma empat derajat).

Kemudian faktor kedua adalah pantauan 99 titik Hilal yang tersebar di 34 Provinsi yang tidak satu pun nampak.

Musyawarah ini turut dihadiri oleh Duta Besar Negara-Negara Sahabat, Mahkamah Agung, dan Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG).

Tidak hanya itu, rapat juga dihadiri oleh perwakilan pesantren, kementrian agama, dan badan riset dan inovasi nasional (BRIN).

BACA JUGA:Hal-hal Sepele Yang Bisa Membuat Kerusakan Mata

BACA JUGA:Tak Bikin Kantong Kempis, Inilah Cara Memilih Destinasi Impian Menjelajahi Keajaiban Alam dan Budaya Dunia

Gelaran yang dilangsungkan pukul 19.05 ini juga menetapkan 1 Zulhijjah 1444 jatuh pada Selasa 20 Juni. Setelah dipastikan tanggal 29 juni 20023 sebagai hari raya qurban. Masyarakat disilahkan untuk bersiap-siap menyambut lebaran haji. 

Sementara itu, penjualan hewan qurban di kota Palembang, sudah banyak terlihat. Baik itu hewan sapi, maupun kambing. Beberapa masjid, sudah menerima pendaftaran hewan qurban yang akan disembelih di masjid.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber