Hal-hal Sepele Yang Bisa Membuat Kerusakan Mata

Hal-hal Sepele Yang Bisa Membuat Kerusakan Mata

Hal-hal sepele yang tanpa disadari dapat merusak mata. Diantaranya, ceroboh menggunakan softlense dan tidak memakai kacamata hitam saat terik matahari.-- Pinterest.com/@Wiwikddv

PALEMBANG, PALTV.CO.IDMata menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Mata merupakan jendela untuk melihat dunia. Namun meski begitu, terdapat beberapa hal yang menjadi kebiasaan yang bisa mengganggu Kesehatan Mata dan tanpa disadari saat melakukannya. 

Dilansir dari Alodokter.com, berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar Kesehatan mata terjaga dengan baik: 

1. Menghabiskan waktu didepan layar 

Bagi sebagian orang, menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, tablet, atau smartphone memang tidak bisa dihindari. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat otot mata bekerja lebih keras, yang bisa memicu ketegangan mata dan sakit kepala. 

BACA JUGA:Air terjun Weekacura! Wisata Yang Baru di Pulau Sumba

BACA JUGA:Kesehatan Harus Jadi Prioritas Utama ketimbang Sekadar Uang, Berikut Tips dan Tindakan Pencegahan Agar Tetap

Selain itu, sinar biru dari layar smartphone juga dapat menyebabkan degenerasi makula retina yang jika diabaikan dapat menyebabkan kebutaan. Gunakan formula 20-20-20 saat menggunakan alat untuk menjaga kesehatan mata. Trik yang melihat layar perangkat setiap 20 menit dan melihat sejauh 6 meter selama 20 detik. Selain itu, gunakan pelindung layar yang dapat memblokir cahaya biru dari perangkat Anda.

2. Penggunaan lensa kontak yang ceroboh 

Pemakai lensa kontak memerlukan upaya lebih untuk menjaga kesehatan mata dibandingkan kacamata. Alih-alih memperbaiki penampilan, penggunaan lensa kontak yang sembarangan bisa menyebabkan iritasi atau peradangan mata, bahkan kebutaan. Beberapa praktik yang harus dihindari oleh pemakai lensa kontak meliputi: 

• Mandi sambil memakai lensa kontak. 

BACA JUGA:Tak Bikin Kantong Kempis, Inilah Cara Memilih Destinasi Impian Menjelajahi Keajaiban Alam dan Budaya Dunia

BACA JUGA:Menikmati Kelezatan Kuliner, Eksplorasi Ragam Makanan di Berbagai Negara

• Tidur, lensa kontak masih terpasang. 

• Bersihkan lensa kontak dengan air tak bersih atau air liur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com