Kemenkumham Sumsel Sampaikan Kronologi Meninggalnya Tahanan Titipan di Rutan Kelas I Palembang

Kemenkumham Sumsel Sampaikan Kronologi Meninggalnya Tahanan Titipan di Rutan Kelas I Palembang

Kemenkumham Sumsel sampaikan kronologi meninggalnya seorang tahanan titipan Kejari Palembang di Rutan Kelas I Palembang, Kamis (8/8/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kemenkumham Sumsel) Dr Ilham Djaya mengkonfirmasi terkait meninggalnya seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) inisial I (22) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Palembang pada hari Kamis, 8 Agustus 2024.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan, berdasarkan laporan Kepala Rutan Kelas I Palembang, sebelum dinyatakan meninggal dunia oleh pihak Rumah Sakit, almarhum telah beberapa kali berobat dan ditangani oleh Dokter Rutan Kelas I Palembang (Rutan Pakjo).

"Terakhir pada tanggal 6 Agustus 2024, almarhum berobat ke Klinik Rutan Pakjo dengan keluhan demam dan gatal-gatal, sehingga dilakukan pemeriksaan dan diberikan obat sesuai dengan terapi oleh dokter, untuk kemudian diobservasi di dalam kamar huniannya,” terang Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya.

Kemudian pada tanggal 8 Agustus 2024 pukul 00:15 WIB, lanjut Ilham Djaya, petugas pengamanan mendapat laporan bahwa yang bersangkutan tak sadarkan diri.

BACA JUGA:Seorang Tahanan Rutan Pakjo Tewas, Keluarga Nilai Ada Kejanggalan dan Minta Diotopsi

BACA JUGA:Seorang Tahanan Rutan Pakjo Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel

Yang bersangkutan lalu langsung dibawa ke Rumah Sakit Siti Khadijah Palembang untuk dilakukan penanganan. Namun, yang bersangkutan kemudian dinyatakan meninggal dunia pukul 00:30 WIB.

Berdasarkan keterangan Kepala Rutan Kelas I Palembang David Rosehan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, terkait pelaksanaan serah terima jenazah dengan pihak keluarga.


Jenazah seorang WBP Rutan Kelas I Palembang inisial I dibawa keluarga untuk dimakamkan setelah sebelumnya menjalani otopsi, Kamis (8/8/2024).-Mulyadi-PALTV

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya lalu menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Palembang.

Ilham Djaya memastikan bahwa WBP tersebut sudah mendapat pelayanan yang optimal selama menjalani masa tahanan.

BACA JUGA:Napi Lapas Merah Mata Palembang Ditemukan Tewas di Dalam Kamar Mandi Sel Tahanan

BACA JUGA:Seorang Tahanan Kasus Pencurian Bunuh Diri di Rutan Kelas IIB Prabumulih

Almarhum berinisial I merupakan warga Kecamatan Kemuning Kota Palembang, yang masih berstatus tahanan Kejari Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: