Lagi Trend Popularitas Bayi Belajar Berenang. Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bayi Belajar Berenang?

Lagi Trend Popularitas Bayi Belajar Berenang. Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bayi Belajar Berenang?

Lagi Trend Popularitas Bayi Belajar Berenang. Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat Untuk Bayi Belajar Berenang?--halodoc.com

Sebelum membawa bayi ke kolam renang umum, biasakan bayi dengan air di rumah, misalnya saat mandi. Pegang bayi dan biarkan mereka merasakan air di kulit tanpa harus langsung masuk ke dalam air.

BACA JUGA:Kejati Sumsel Dalami TPPU Dugaan Korupsi Internet Desa di Muba, 4 Saksi Diperiksa

Pilih Kolam Renang yang Bersih

Tapi tahukah kamu bahwa sistem kekebalan tubuh pada bayi belum sekuat orang dewasa, sehingga hal itu membuat mereka lebih rentan terhadap bakteri, virus, bahkan parasit dalam air. Pastikan kolam renang bersih dan bayi tidak menelan air kolam. Gunakan popok khusus berenang dan pastikan bayi buang air kecil dan besar terlebih dahulu sebelum berenang.

Pilih Kolam Renang yang Dangkal

Pastikan kolam renang tidak terlalu dalam, karena bayi bisa tenggelam bahkan di kedalaman 5 cm jika tidak diawasi. Selalu awasi bayi selama berada di dalam air.

BACA JUGA:Toyota GR Yaris Terbaru: Evolusi dan Transformasi yang Mengagumkan

Pantau Kondisi Bayi

Perhatikan kondisi bayi selama berenang. Meskipun bayi berusia 6 bulan ke atas lebih baik dalam mengatur suhu tubuh, mereka masih bisa mengalami fluktuasi suhu yang berbahaya. Jika bayi menunjukkan tanda-tanda seperti menggigil, kulit pucat atau biru, atau rewel, segera akhiri sesi berenang.

Lindungi dari Sinar Matahari

Jika berenang di luar ruangan, lindungi bayi dari sinar matahari dengan pakaian renang yang melindungi dari sinar UV, menggunakan tabir surya khusus bayi, dan topi bertepi lebar untuk melindungi wajah mereka.

Pelajari Pertolongan Pertama

 Orang tua disarankan untuk mempelajari prosedur pertolongan pertama pada bayi, seperti resusitasi jantung paru (RJP), untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Chery dan Xiaomi Luncurkan iCar V23: Mobil Listrik Terbaru dengan Harga Terjangkau

Itulah penjelasan mengenai waktu yang tepat bagi bayi untuk berenang beserta tips aman melakukannya. Selain itu, dokter mungkin akan memberikan saran khusus mengenai aktivitas berenang untuk bayi, terutama jika mereka memiliki kondisi medis tertentu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.siloamhospitals.com