Bacagub Sumsel Mawardi Yahya Dukung Pemekaran Sumsel Barat, Optimis Terwujudnya Provinsi Baru

Bacagub Sumsel Mawardi Yahya Dukung Pemekaran Sumsel Barat, Optimis Terwujudnya Provinsi Baru

Bacagub Sumsel Mawardi Yahya dukung pemekaran Sumsel Barat, optimis terwujudnya Provinsi baru, Rabu (24/7/2024).-Luthfi-PALTV

LUBUKLINGGAU, PALTV.CO.ID - Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan (Bacagub Sumsel) Mawardi Yahya bersama Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Bacawagub Sumsel) RA Anita Noeringhati dan Tim Matahati, dalam kunjungannya ke Kota Lubuklinggau pada hari Rabu, 24 Juli 2024, mendengarkan aspirasi masyarakat, salah satunya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Sumsel Barat.

Bacagub Sumsel Mawardi Yahya optimis terwujudnya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Sumsel Barat, yang terdiri dari enam Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Selatan.

Presidium Sumsel Barat Wahisun Wais Wahid mengatakan, pemekaran wilayah di Sumatera Selatan menjadi Provinsi baru di Indonesia sangat diperlukan untuk kemandirian suatu wilayah.

"Kami ini sepakat dan memang tidak bisa dihindari lagi karena kita ini harus mandiri," ucap Wahisun Wais Wahid.

BACA JUGA:Kunjungan ke Musi Rawas, Bacagub Sumsel Mawardi Yahya Tawarkan Solusi dan Perjuangkan Kesejahteraan Petani

Wahisun Wais Wahid menyebutkan rencana pemecahan enam Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Selatan untuk menjadi sebuah provinsi baru di Indonesia ini, sudah direncanakan sejak kurang lebih 17 tahun lalu, pada masa kepemimpinan Gubernur Sumatera Selatan Syahrial Oesman.

"Ini dicanangkan dari 2007 dengan nama Sumatera Tengah. Lalu pada 2016 menjadi Sumsel Barat," ungkap Presidium Sumsel Barat Wahisun Wais Wahid.


Wahisun Wais Wahid, Presidium Sumsel Barat, Rabu (24/7/2024).-Luthfi-PALTV

Wahisun mengatakan bahwa salah satu alasan pemekaran wilayah tersebut lantaran terlalu banyaknya Kabupaten/Kota di suatu Provinsi, sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak terkover secara maksimal.

"APBD Sumsel untuk 17 Kabupaten/Kota itu tidak terkover. Seperti contoh yang sudah membentuk Kabupaten/Kota sendiri seperti Muratara dan Lubuklinggau, luar biasa mereka mengatur APBD tersebut sehingga dapat mandiri," jelas Wahisun Wais Wahid.

BACA JUGA:Disambut Ratusan Masyarakat PALI, Bacagub Sumsel Mawardi Yahya Prioritaskan Keluhan dan Permintaan Masyarakat

Lebih lanjut, Wahisun Wais Wahid mengatakan akan ada peningkatan kesejahteraan masyarakat jika pemekaran enam Kabupaten/Kota wilayah Sumatera Selatan tersebut dilakukan.

"Tujuannya banyak sekali, peningkatan ekonomi sehingga kesejahteraan merata," tukasnya.

Sementara itu, ketika ditanya pewarta apakah ada hambatan dalam menjadikan enam Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Selatan menjadi Provinsi baru, Bakal Calon Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan tidak ada hambatan dalam memajukan Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv